Perjalanan Muhammad Alif Ramadhan masih terus berlanjut. Siswa SMAN 2 Kisaran, Asahan tersebut kembali mengamankan tiket National Championship lompat jauh putra dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, pada 1 September 2023 lalu. Alif sukses melaju ke babak nasional setelah mencatatkan lompatan sejauh 5,81 meter. 

Muhammad Alif Ramadhan bukanlah orang baru di SAC Indonesia. Tahun lalu, ia mewakili North Sumatera Qualifiers berlaga di babak puncak. Saat itu, ia berangkat dari Medan menuju ke Jakarta bersama dengan Firli Sahputra dari SMKN 2 Medan. Yang saat ini menjadi Champion SAC di nomor tersebut. 

"Perasaan saya sangat senang dan bangga. Apalagi bisa mendapatkan juara dan berangkat ke National Championship tanpa biaya. Behhh paling ditungguin banget kompetisi ini," kata Alif, panggilannya. 

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Alif berjanji akan berlatih setiap harinya. Ia dan pelatihnya bahkan telah memiliki program khusus. Kali ini, Alif berharap dapat memberikan catatan lompatan lebih baik. "Dikasih kesempatan kedua ini tentunya saya tidak akan menyia-nyiakannya," tutur Alif. 

Alif bukanlah anak yang baru mengenal atletik. Sudah enam tahun lamanya ia menggeluti olahraga tersebut. Alif juga telah mondar-mandir dalam berbagai kejuaraan. Khususnya nomor lompat jauh. "Tapi saya sebenarnya bukan masuk dari nomor lompat. Melainkan nomor lempar. Karena dulu badan saya besar," terangnya. 

Pelatihnya, Rizki Hidayat, melihat potensi tersebut dalam dirinya: menjadi pelompat jauh. Akhirnya Rizki mengarahkan Alif untuk mendalami nomor yang ditekuni oleh Maria Natalia Londa tersebut. "Rupanya, semakin ke sini potensi saya semakin besar," lanjut Rizki. 

Baca Juga: Pertama Kali Ikut Lompat Jauh, Rifqi Amsyah dari SMAN 4 Kisaran Raih Juara!

Bersama dengan Rifqi Amsyah Alkhofidh (SMAN 4 Kisaran) dan Reynaldy Simangusong (SMAN 1 Lubuk Pakam), Alif akan berlaga dan bersaing melawan wakil dari regional qualifiers yang lainnya. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah menuntaskan penyelenggaraan qualifiers perdana. Di Sumatera Qualifiers, kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar yang berasal dari 350 sekolah. Harapannya, Energen Champion SAC Indonesia di West Java Qualifiers juga banjir peminat. Agar regenerasi atletik tercipta. Khususnya yang menyasar kalangan pelajar. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak NationaChampionship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES