Para juara National Championship 2022 saat berfoto bersama di Stadion Madya, GBK, Jakarta

Tanggal penyelenggaraan Energen Champion 2023 National Championship telah ditentukan. Lokasinya telah disiapkan. Babak puncak kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pada 18-20 Januari 2024. Ini merupakan momen paling dinantikan oleh peserta SAC di seluruh Indonesia. 

Juara-juara lama siap kembali bertarung untuk sekali lagi membuktikan kehebatan mereka. Sementara, wajah-wajah baru juga telah disiapkan untuk meraih podium di babak final Energen Champion SAC Indonesia. Banyak dari mereka yang penasaran bagaimana keseruan National Championship. Berikut SAC Indonesia rangkum 5 momen keren dari National Championship 2022:

1. Terdapat Welcome Gate

Seperti yang sering disampaikan, SAC Indonesia adalah kompetisi atletik pelajar terbesar. Namun, meskipun ini adalah kompetisi atletik pelajar, DBL Indonesia dan PB PASI begitu serius mengerjakan ini. Misalnya, dalam kompetisi, SAC Indonesia menggunkan perhitungan photofinish.

Keseriusan tersebut juga terjadi di babak National Championship. Para juara yang berlaga dipanggil satu persatu melalui welcome gate. Mirip seperti yang dilakukan oleh World Athletics ketika menggelar kejuaraan dunia. 

2. Dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan jajaran menteri

Presiden Joko Widodo merupakan tamu istimewa dalam National Championship 2022. Selain itu, final Energen Champion SAC National Championship juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan. Yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Turut hadir pula sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju. Ada Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Turut mendampingi presiden, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

3. Diselenggarakan di Stadion Madya GBK, Jakarta

Babak final National Championship 2022 diselenggarakan di Stadion Madya GBK, Jakarta. Salah satu venue bersejarah bagi dunia atletik Indonesia. Kepengurusan PB PASI pernah bermarkas di stadion ini. Bahkan, Stadion Madya GBK juga menjadi salah satu venue berbagai acara penting di Indonesia. 

4. Defilee

Selain berlomba di babak puncak Energen Champion SAC Indonesia, para juara regional qualifiers 2022 juga berkesempatan untuk melakukan pawai di hadapan Pesiden RI Joko Widodo bersama jajaran menterinya. Mirip seperti yang dilakukan oleh atlet profesional ketika menghadapi kejuaraan profesional. 

5. Disiarkan di Televisi Nasional

Babak puncak National Championship juga disiarkan di televisi nasional. Baik babak final di nomor lintasan maupun nomor lapangan. 

6. Jalan-jalan Bareng Kontingen Daerah

Kontingen dari masing-masing daerah juga berkesempatan untuk jalan-jalan bareng Kontingen mereka. Saat di Jakarta, para kontingen memiliki kesempatan untuk mengunjungi Monas di Jakarta. 

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Energen Champion SAC Indonesia 2023 dimulai dengan Sumatera Qualifiers, yang digelar 1-3 September, dan ditutup dengan East Java Qualifiers yang diselenggarakan pada 8-10 Desember 2023. Tahun ini, Energen Champion SAC Indonesia kembali diikuti oleh puluhan ribu peserta dan ratusan sekolah. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES