Aksi Inna Nurul Ma'Rifatin dan Ameli Yadewi Wulandari dalam babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

SAC Indonesia merupakan kejuaraan pelajar bergengsi. Itu lah kenapa setiap sekolah berusaha mengirimkan peserta sebanyak-banyaknya untuk membuka peluang juara lebih besar di kompetisi tersebut. Beberapa bahkan ada yang mendominasi di podium juara. Sementara yang lain menguasai nomor-nomor tertentu.

1. MAN 5 Bojonegoro

MAN 5 Bojonegoro merupakan salah satu sekolah dengan juara terbanyak di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Dalam babak final middle distance 1.000m putri, podium pertama, kedua dan ketiga diraih oleh MAN 5 Bojonegoro. Atas nama Inna Nurul Ma'Rifatin, Ameli Yadewi Wulandari dan Silvia Novaliza Putri

Tak hanya di sektor putri, delegasi MAN 5 Bojonegoro di middle distance 1.000m putra juga meraih podium putra. Yakni Mi'rojul Ridwan. Dengan begini, MAN 5 Bojonegoro telah membawa pulang total empat medali. 

2. SMAN 8 Kediri

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers menjadi wadah bagi SMAN 8 Kediri untuk berprestasi. Bagaimana nggak? Dalam kompetisi pelajar terbesar di Indonesia itu, sekolah tersebut telah kawin gelar di nomor relays 4x100 meter. Congratulations buat SMAN 8 Kediri!

3. MTSN 1 Blitar

Tak mau kalah dengan SMAN 8 Kediri, MTSN 1 Blitar juga begitu mentereng di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. MTSN 1 Blitar menjuarai relays 5x80 meter untuk sektor putra dan runner up untuk sektor putri. Tahun depan, layak ditunggu lagi nih skuad dari MTSN 1 Blitar. 

4. SMP Muhammadiyah 7 Cerme

SMP Muhammadiyah 7 Cerme juga sukses di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Sekolah tersebut menyabet dua medali dalam perlombaan lari 800m. Yang diwakili oleh Zaskia Putri Ghenitra dan Bambang Afriansyah. 

Baca Juga: Dekan FIKK UNESA Siap Beri Beasiswa Bagi Arfiansyah, Usai Pecah Rekor SAC 10,86

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 8-10 Desember 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh 5.277 siswa dari 610 sekolah dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total enam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES