Juara. Para sprinter asal SMP Negeri 2 Genteng, Kabupaten Banyuwangi berhasil menyegel podium pertama Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers nomor lomba relays 5x80 meter sektor putri.

Siswi SMPN 2 Genteng menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 54,370 detik. Yup, mereka lebih cepat dua detik dari pesaing terdekatnya di babak final (MTS Negeri 1 Kota Blitar).

Yup, teman-teman MTS Negeri 1 Kota Blitar mengisi urutan kedua dengan catatan waktu 56,800 detik. Tim B SMP Negeri 2 Genteng menutup daftar slot tiga besar dengan catatan waktu 58,078 detik. Berkat keberhasilan ini membuat SMP Negeri 2 Genteng mengirim dua wakilnya di podium juara.

Hasil Sprint 5x80 Meter SMP Putri: 

1. SMP Negeri 2 Genteng, Kabupaten Banyuwangi (Tim A) - 54,370 detik
2. MTS Negeri 1 Kota Blitar - 56,800 detik
3. SMP Negeri 2 Genteng, Kabupaten Banyuwangi (Tim B) - 58,078 detik

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 8-10 Desember 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh 5.277 siswa dari 610 sekolah dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

Baca Juga: SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers Tuntas, Ada 3 Pecah Rekor!

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kejuaraan pelajar bagi pelajar tingkat SD, SMP dan SMA. Kompetisi ini melombakan lima main event, yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Selain itu, Energen Champion SAC Indonesia juga memiliki supporting event berupa Kids' Athletics. Yakni Kanga's Escape dan Formula One. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES