Suasana technical meeting Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers di Atrium, Surabaya Townsquare

Penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers tinggal menghitung hari. Mulai 8-10 Desember pelajar dari seluruh Jawa Timur akan bersaing di Lapangan THOR, Surabaya. 

Sebelum kompetisi atletik pelajar terbesar itu diselenggarakan digelar technical meeting (TM) pada Rabu, 6 Desember 2023. Sebanyak 600 guru berkumpul di Atrium, Surabaya Townsquare (Sutos). Mereka mendapatkan arahan terkait regulasi perlombaan. 

Dalam kesempatan kali ini, Ketua Harian Pengprov PASI Jawa Timur Catur Supriyanto, selaku techincal delegate memaparkan regulasi dan ketentuan lapangan. Yang nantinya akan diterapkan di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Mulai dari aturan lintasan, roll call, ketentuan kostum perlombaan juga disepakati bersama. 

Catur mengatakan dirinya sangat bangga, melihat antusiasme peserta yang besar. Terutama semangat dari para guru maupun ofisial yang hadir saat TM. Catur berharap kegiatan tiga hari itu bisa berlangsung dengan sukses. Selama proses pendaftaran East Java Qualifiers, Catur sendiri telah memantau langsung. 

Catur Supriyanto saat mepaparkan regulasi Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Baca Juga: 7 Sekolah Juara yang Bakal Comeback di SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

"Sampai hari ini sudah ada sekolah-sekolah dari 34 kota atau kabupaten di Jawa Timur. Saya berharap tahun ini animo perlombaannya lebih tinggi lagi. Harapannya, ada bibit-bibit di Jawa Timur yang bisa membanggakan. Di tingkat nasional maupun internasional," ungkap Catur. 

Kebanggaan tersebut tak hanya terpancar dari technical delegate yang bertugas saat TM. Melainkan juga para peserta dan guru yang mendampingi. Misalnya saja Syafa Cendratiya. Siswi SMAN 10 Surabaya itu terlihat semangat menghadiri TM. Nantinya, Syafa akan bersaing di nomor 100 meter putri East Java Qualifiers. 

"Semangat ikut SAC Indonesia karena mungkin pertama kalinya. Dan tahun ini memang ingin mencoba experience-nya ikut SAC, dan tahun kemarin kebetulan belum berkesempatan untuk ikut," terang Syafa, saat ditemui oleh tim SAC Indonesia. 

Syafa menjadi salah satu debutan di SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Mewakili sekolahnya, Syafa siap bersaing dengan para student athlete lainnya. "Tahun ini aku semangat banget. Terus dari SMAN 10 Surabaya juga tahun ini ngirim 21 peserta. Di berbagai nomor lomba. Harapannya bisa tampil dengan baik," lanjut Syafa. 

Baca Juga: Juara Relays 4x100 Meter Putra East Java Qualifiers Comeback di Musim Baru

Para peserta TM juga mendapatkan penjelasan teknis terkait tata cara perlombaan. Yang dibimbing oleh tim SAC Indonesia 2023. Tata cara perlombaan ini dipaparkan mengingat aturan Energen Champion SAC Indonesia diperuntukkan bagi siswa non pengalaman. Sehingga pemaparan tersebut cukup membantu.

"Tahun ini SDN Kapasari VIII akan kembali lomba di SAC Indonesia. Tahun ini juga sekolah mengirimkan total 54 peserta. Panitia juga membantu kita. Nanti diarahkan ke mana mereka. Ini juga menjadi bagian untuk memberikan kesempatan anak-anak berlatih atletik," kata Widji Prijono Ragil, guru PJOK SDN Kapasari VIII. 

Widji Prijono juga berharap pelaksanaan SAC Indonesia 2023 dapat kembali sukses. Terutama, kompetisi ini dapat menjadi alat untuk mencari bibit atletik. Khususnya di Jawa Timur. Yang bisa mewakili daerah ke tingkat nasional atau internasional. "Semoga tahun ini bisa lebih berhasil," tandas Widji Prijono. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 8-10 Desember 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh ribuan siswa dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

Baca Juga: Meski Terhalang Ujian, Skuad SMAN 4 Malang Siap Bersaing di East Java Qualifiers

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total enam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES