Ada banyak keseruan roadshow di SMP PGRI SMP 10 Candi. Mulai dari games atletik hingga penampilan ekstrakurikuler.

Roadshow Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers singgah di SMP PGRI 10 Candi, Sidoarjo, Senin, 27 November 2023. Rangkaian pra event ini ramai diikuti oleh ratusan siswa sekolah tersebut. Pasalnya, ini menjadi kali pertama bagi sekolah tersebut ikut serta di SAC Indonesia. 

Menurut Kepala SMP PGRI 10 Candi, Sidoarjo, Eko Wahyudi, S.Pd., M.Pd. para siswanya begitu menunggu roadshow Energen Champion SAC Indonesia. Mereka bahkan telah melakukan persiapan jauh-jauh hari untuk menyambut SAC Indonesia.

"Anak-anak begitu antusias dan bersemangat. Ini karena SAC kan terkait ya dengan olahraga. Dan olahraga merupakan salah satu yang diminati di sekolah kami. Sekolah kami juga menjadi salah satu yang dikunjungi. Sehingga itu menjadi kebanggaan kami," kata Eko, saat ditemui oleh tim SAC Indonesia, Senin, 27 November 2023. 

Dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers,  SMP  PGRI 10 Candi, Sidoarjo nanti mengirimkan sebanyak empat student athlete. Yang bersaing di kategori lempar, lompat dan lari. Ini menjadi salah satu kegiatan yang sejalan dengan visi misi SAC Indonesia. 

"Tentu kami selalu menggali potensi anak-anak. Dari awal siswa masuk, kita memang ada pemetaan untuk SAC di bidang atletik, dan kita bina betul," lanjut Eko

Tak lupa Eko Wahyudi juga mengapresiasi adanya penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Pasalnya, kompetisi ini memang terbuka untuk pelajar non atlet. Atau pelajar yang belum berperan sebagai atlet pofesional. 

"Karena memang SAC itu tidak terbatas pada kelompok-kelompok seperti klub dan bukan, saya rasa SAC lebih terbuka. Semua bisa berpartisipasi. Ada anak kami masuk sepuluh besar tahun lalu. Padahal dia tidak ikut klub sama sekali. Saya apresiasi karena mendapat perhatian khusus dari tim SAC," kata Eko Wahyudi. 

Baca Juga: SDN Margorejo 1 Surabaya Seru-seruan Bareng Roadshow SAC Indonesia 2023!

Eko Wahyudi memang mengakui bahwa atletik jarang diminati oleh pelajar pada umumnya. Namun, sekolah bisa menyaring bakat siswa-siswi. Yang sejak awal memiliki potensi. "Sehingga mereka bisa berkembang tanpa adanya binaan klub," terang Eko Wahyudi. 

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES