Sosok Paul Sirlalang saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers

Berprestasi dan menemukan bakat banyak jalannya. Hal itulah yang dirasakan Paul M. Sirlalang. Peraih gelar runner up dalam lompat jauh putra dari SMAN 3 Kupang Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Paul berhasil unggul setelah mencatatkan lompatan sejauh 5,30 meter. 

Paul merupakan salah satu pelajar yang baru menekuni lompat jauh. Ia bahkan awalnya tak tertarik di nomor tersebut. Namun, sang pelatih menganggap bahwa Paul memiliki bakat untuk lompat jauh. 

"Saya mulai tertarik ikut SAC Indonesia karena adanya penawaran dari sekolah. Saya belum pernah mempelajari lompat jauh secara khusus. Saya mulai mempelajari teknik lompat jauh ketika saya menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti O2SN baru-baru ini," kata Paul. 

Paul nantinya akan melaju ke babak National Championship. Yang akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Tepatnya pada Januari mendatang. Sebagai wakil Bali Nusra Qualifiers, Paul tak sendirian. Ia akan ditemani oleh dua peraih podium lainnya. Yakni Petrus Wanda (SMA Sudirman Kupang) dan Putra Hermanus Lapuangga (SMAN 3 Kupang). 

"Harapan saya di National Championship nanti adalah bisa memberikan performa terbaik saya di nomor lompat jauh dan bisa meraih hasil yang memuaskan bagi diri saya sendiri dan sekolah saya. Saya juga berharap bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman yang ingin mencoba dan mengembangkan keterampilan dalam olahraga," terang Paul. 

Baca Juga: Registrasi Online SAC Central Java Qualifiers Masih Dibuka, Begini Caranya

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers diikuti oleh 4.018 pelajar dari 191 sekolah di seluruh Bali dan Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Kompetisi atletik pelajar terbesar ini akan berlangsung pada 26-28 Oktober 2023.

Bali Nusra Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 akan menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES