Sang Ayu Putu Devitasari saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifers

Salah satu juara Bali Nusra Qualifiers dari SMAN 1 Kintamani, Sang Ayu Putu Devitasari, siap menaklukan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Mengingat bahwa Bali Nusra Qualifiers diselenggarakan di Nusa Tenggara Timur, pada 26-28 Oktober 2023, Sang Ayu akan bertolak ke Kupang besok, Rabu, 25 Oktober 2023. 

Meskipun telah merebut juara 80 meter di Bali Nusra Qualifiers 2022, Sang Ayu menyebut dirinya sedikit nervous jelang penyelenggaraan musim baru. Pasalnya, kali ini ia mewakili sekolah baru. Dan bersaing di nomor 100 meter putri. Berbeda dengan musim sebelumnya. "Kalau nervous pasti, tapi kita hadapi saja. Tadi baru selesai latihan. Pak Hery (pelatih Sang Ayu) semangat melatih," terang Sang Ayu. 

Setiba sampai di Kupang, NTT, Sang Ayu mengaku siap mencoba lintasan Stadion Oepoi, Kupang. Lokasi penyelenggaraan Bali Nusra Qualifiers musim baru. "Perlombaan kali ini ditemani Ibunda. Semoga nanti diberikan kelancaran," lanjut Sang Ayu. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers akan diikuti oleh ratusan sekolah yang tak hanya di Nusa Tenggara Timur, melainkan juga Bali atau Nusa Tenggara Barat. Nantinya, tak hanya Sang Ayu yang akan berasal dari luar NTT melainkan ada juga NTB. Di antaranya, Yuda Atma Wijaya dari SMAN 3 Selong dan Muhammad Faiz Alfarizi dari SMA Darul Muhajirin Praya. 

Baca Juga: Terinspirasi Budiarsini & Pertama Coba Tartan di SAC, Ini Kisah Sang Ayu!

Baik Yuda maupun Muhammad Faiz juga merupakan peserta Energen Champion SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifiers. Tahun ini, mereka akan comeback dalam perlombaan SAC Indonesia 2023 karena ingin membuktikan diri mereka di kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES