Keseruan final 100 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers

Sebanyak 4.520 pelajar dari Jakarta dan Banten yang mewakili 360 sekolah bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu menjadi wadah untuk memperebutkan gelar juara, pada 3-5 November 2023. Berlokasi di Stadion Atletik Rawamangun, ini merupakan kali kedua bagi SAC Indonesia singgah di Ibu Kota. 

Jumlah keikutsertaan pelajar di SAC Indonesia tahun ini bertambah dibandingkan musim sebelumnya. Lebih dari dua kali lipat. Musim lalu, SAC Indonesia 2022 diikuti oleh 2.689 siswa dari 239 sekolah. Ini tentunya merupakan bentuk sinergi yang hebat antara sekolah, guru, Pengprov PASI dalam memajukan olahraga atletik. 

Ketua Pengprov PASI DKI Jakarta Mustara Musa menyambut baik animo peserta dan sekolah di SAC Indonesia 2023. Pasalnya, ini selaras dengan agenda PB PASI untuk mencari talenta muda, yang bisa disiapkan untuk bersaing ke jenjang berikutnya. 

"Kami tentunya mendukung penuh adanya kejuaran atkletik pelajar SAC Indonesia Jakarta Banten Qualifiers. Kompetisi ini dapat engajak anak untuk merasakan pengalaman berkompetisi," ungkap Mustara, saat ditemui oleh tim SAC Indonesia. 

Mustara juga berharap bahwa SAC Indonesia dapat terus diselenggarakan. Minimal empat tahun sejak musim pertama dimulai. Pasalnya, kejuaraan seperti SAC Indonesia juga menjadi parameter pelajar dan pelatih untuk meningkatkan performa. 

"Tidak ada kata lain kalau kita ingin memajukan pembinaan atletik itu harus dengan kompetisi. karena kompetisi itu, disamping memaksimalkan potensi diri, dia mau tak mau memacu anak untuk latihan kembali, terutama untuk kompetisi yang akan datang," terang Mustara. 

Baca Juga: Ambisi Berprestasi Terpancar di TM SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers!

Apalagi dengan SAC Indonesia yang memiliki kompetisi berjenjang, Mustara percaya bahwa akan ada regenerasi peserta kompetisi. Sehingga, ada pelajar baru yang tergali bakatnya. "Yang SMA sudah lulus, brarti dia nggak bisa ikut lagi. Nah kita kan pasti mendapatkan orang baru lagi," kata Mustara Musa. 

Jakarta Banten Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES