Siswa siswi Sekolah Surya Bangsa menikmati Energen Champion sembari menonton games dalam roadshow Energen Champion SAC Indonesia 2023

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers bakal diselenggarakan. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan berlangsung pada 3-5 November 2023. Yang bertempat di Stadion Atletik Rawamangun. Namun, sebelum melangkah ke kompetisi utama, SAC menyelenggarakan roadshow di sekolah pilihan. Salah satunya SD Surya Bangsa Tangerang. 

Menurut Niko Apriyanto, guru PJOK SD Surya Bangsa Tangerang, sekolah tersebut begitu bersemangat dalam melakoni roadshow Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Pasalnya, kegiatan ini dapat mengenalkan olahraga atletik pada pelajar baru di SAC Indonesia. 

"Mereka mungkin tahunya atletik itu lari-lari doang. Tetapi dengan adanya roadshow hari ini, mereka jadinya diperkenalkan kalau atletik itu memiliki banyak cabang. Yang bisa mereka eksplorasi siapa tahu mereka berminat atau berprestasi di atletik," ungkap Niko. 

Niko juga berharap bahwa event-event roadshow SAC Indonesia dapat diselenggarakan setiap tahunnya. Untuk lebih mendekatkan para pelajar mengenai SAC Indonesia. Apalagi, roadshow SAC Indonesia berhasil mengemas games dengan konsep yang menyenangkan. Misalnya, Mini Kanga's hingga Fun Relays. 

"Surya Bangsa tentunya bisa menargetkan untuk menjadi juara nanti di kompetisi utamanya. Tentunya nanti teman-teman akan melakukan persiapan yang dibutuhkan," ungkap Niko. 

Tak lupa, Niko juga menyemangati para wakil dari Jakarta yang bakal bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Pasalnya, wakil-wakil dari Jakarta tak hanya bersaing dengan delegasi dari provinsi yang sama. Melainkan juga dari Banten. "Untuk wakil dari Jakarta yang akan bersaing saya berharap tetap mengutamakan sportivitas," lanjut Niko. 

Baca Juga: Menanti Juara Estafet 4x100 Meter Putra dan Putri Jakarta Banten Qualifiers

Nantinya, Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers akan diselenggarakan pada 3-5 November 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES