lari halang rintang, copyright: SAC Indonesia

Kalian mungkin sering mendengar istilah lari halang rintang (steeplechase). Ini merupakan salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik yang begitu unik. Pasalnya, dalam lari halang rintang, setiap atlet harus berlari dengan melewati beberapa gawang rintangan dan kolam air agar bisa mencapai garis finis. Atlet yang sampai di garis finis tercepat, dia adalah pemenangnya. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lari halang rintang memerlukan beberapa peralatan penting. Apa saja? Berikut adalah daftarnya:

1. Penghalang

Dalam lari halang rintang terdapat empat penghalang di setiap putaran. Ketinggian setiap penghalang untuk kategori putra adalah 36 inci (0,914 meter). Sementara untuk putri, penghalangnya memiliki ketinggian 30 inci (0,762 meter). 

Penghalang ini berbeda dengan lari gawang. Penghalang dalam lari halang rintang memiliki lebar setara dengan panjang lintasan keseluruhan dan tidak diperuntukkan khusus bagi masing-masing atlet. Sehingga, semua atlet melewati penghalang yang sama. 

Baca Juga: Lari Halang Rintang: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Peraturan

2. Kolam Air

Kolam air merupakan salah satu equipment yang tak boleh dilewatkan dalam lari halang rintang. Setiap setengah lintasan, atlet akan menemui kolam air dan harus melompatinya. Sebelum kolam air berada, atlet juga menemui gawang rintangan. Kemudian diikuti dengan lubang air dengan luas berukuran 3,66 meter persegi. 

Kolam air tersenit memiliki kemiringan ke atas. Airnya lebih dalam di dekat penghalang dan berada dalam jarak 2 cm dari permukaan tanah paling ujung. Kemiringan kolam memiliki kedalaman kira-kira 30 cm dari lintasan, sementara di depan penghalang titik tersebut memiliki kedalaman air 70 cm.

Pada proses ini, atlet harus berhati-hati dan tetap memperhatikan area pendaratan. Pasalnya, air menjadi salah satu elemen yang mungkin dapat menghambat kecepatan lari. Selain itu, area yang sempit juga dapat membuat atlet saling bertabrakan apabila tidak berhati-hati. 

Baca Juga: Kenapa Lari Halang Rintang di Atletik Melewati Kolam Air?

3. Sepatu Khusus Steeplechase

Atlet harus menggunakan sepatu khusus untuk melakukan lari halang rintang atau steeplechase. Sepatu tersebut khususnya dapat memberikan kenyamanan pada saat lari jarak curam. Dapat menjadi alas kesehatan kaki untuk menahan lonjakan curam. (*)

  RELATED ARTICLES