Para skuad dari SDN 3 Lembang usai menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers akan segera dilaksanakan. Bersamaan dengan itu, Bandung kembali dipilih sebagai tuan rumah perhelatan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut. Tentunya, semua sekolah di Jawa Barat telah menyiapkan delegasi-delegasi terbaik mereka. Tak terkecuali SDN 3 Lembang. 

Tahun ini, SDN 3 Lembang akan bersaing kembali di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan mengirimkan dua tim estafet 8x50 meter dan empat siswa untuk nomor lari jarak pendek 60 meter. Menurut Suherman, guru PJOK dari SDN 3 Lembang, ini akan menjadi kali kedua bagi sekolah tersebut ikut serta. 

"Tahun ini kita kembali ikut serta. Alhamdulillah ada dukungan kepala sekolah dan jajaran orang tua. Karena tahun kemarin kami mendapatkan juara di nomor yang sama. Tahun ini semoga anak-anak bisa kembali tampil maksimal," kata Suherman.

 

Untuk menghadapi West Java Qualifiers, SDN 3 Lembang juga melakukan beberapa persiapan. Namun, karena masing pada tingkat sekolah dasar (SD), ada beberapa perlakuan esktra yang dilakukan Suherman pada anak didiknya. 

"Untuk mengenalkan anak-anak pada atletik itu caranya susah-susah gampang. Kita berikan latihan sambil bermain. Awal-awal ini hanya berlatih daya tahan dan kecepatannya. Setelah itu mendekati perlombaan baru kita masuk latihan mendalam soal atletiknya," lanjut Suherman.

Baca Juga: Final Estafet 8x50 Meter Seru! SDN 3 Lembang Kawin Gelar

Tak lupa Suherman juga mengapresiasi adanya penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia. Menurutnya, kompetisi ini menjadi ruang yang baik bagi anak-anak agar mencintai olahraga atletik. "Di samping ada pemberian motivasi dari gurunya, kompetisi seperti ini bisa menunjang keterampilan dan bakat mereka," kata Suherman. 

Nantinya, skuad SDN 3 Lembang akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, yang akan digelar di Stadion Arcamanik, Bandung. Tepatnya pada 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES