Sosok Simon Hamonangan Aruan dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers

Simon Hamonangan Aruan akan kembali dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Usai menjuarai 800 meter dalam saat membela SMPN 286 Jakarta di musim lalu, Simon akan mewakili SMAN 23 Jakarta di nomor 1.000 meter putra. Menurut Simon, ia telah siap kembali untuk kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. 

"Tahun ini saya kembali ke SAC Indonesia karena ingin memecahkan rekor lari 1.000 meter. Tentunya juga ingin meraih juara tahun ini," ungkap Simon. 

Agar dapat kembali menjadi juara dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023. Simon bahkan berlatih seminggu penuh. Lima hari sepulang sekolah ditambah Sabtu dan Minggu. "Selain latihan, saya juga fokus untuk menurunkan berat badan. Agar bisa menambah speed," kata Simon. 

Saat ditanya tentang persaingan dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, Simon mengaku tak nervous. Justru ia mengaku tak Sabar untuk menghadapi musim baru. "Mungkin karena saya sudah terbiasa untuk berlatih lari jarak jauh. Saya juga memang mendalami nomor jarak jauh," lanjutnya. 

Simon sudah mendalami atletik sejak berusia lima tahun. Yang saat itu langsung dikenalkan oleh ayahnya, Gara Aruan. Namun, ia baru mendalaminya pada kelas IV SD. Lalu, sang ayah melihat potensi Simon dan mengarahkannya untuk masuk klub atletik. "Ayah saya itu atlet tinju. Tapi pas kecil itu kenal lari juga," lanjut Simon. 

Baca Juga: Menjemput Final, Berikut Finalis Lari 800 Meter Jakarta-Banten Qualifiers

Nantinya, Simon akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, yang akan diselenggarakan pada 29, 30 September  dan 1 Oktober 2023. Yang akan digelar di Jakarta. Para pelajar tingkat SD, SMP dan SMA akan mengikuti perlombaan tersebut. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES