Armand Mondo Duplantis (Instagram)

Pelompat galah asal Swedia, Armand 'Mondo' Duplantis saat ini memegang rekor dunia untuk perlombaan di dalam maupun di luar ruangan. Baru-baru ini, Armand Duplantis bagaimana menjelaskan teknik dan proses untuk melakukan lompat galah terbaik. 

Lompat galah adalah salah satu disiplin atletik paling kompleks yang pernah ada. Seorang pelompat galah harus menguasai semuanya: kecepatan, kekuatan, teknik dan ketangkasan. Plus, harus dilengkapi dengan keberanian yang serius. 

Semua kemampuan di atas sangat dikuasai Armand 'Mondo' Duplantis dengan sempurna. Pemegang rekor dunia dan ahli lompat galah tersebut menjelaskan bagaimana meraih lompatan yang sempurna dan menguraikan elemen paling penting dalam gerakan super lambat.

Bagi mata yang tidak terlatih, seluruh proses lompat galah tampak gila. Kompleks. Mustahil. Namun bagi Duplantis, ini adalah hal yang dipelajari. Di bawah ini dia menjelaskan apa yang diperlukan untuk menciptakan lompatan yang sempurna.

Baca Juga:  Lompat Galah: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Peraturan

Tips #1: Langkah Pertama

Seluruh lompatan diatur dari langkah pertama dalam lari. Kamu harus mengeluarkan daya ledak dan bertenaga saat hendak melakukan lari dengan tetap menjaga postur tubuh yang baik.

Tips #2: Lari dengan Baik

Atur ritme berlari dengan baik. Tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Seluruh keberhasilan dalam berlari dapat menentukan keberhasilan selanjutnya dari seluruh lompatan. 

Tips #3: Biarkan Tubuh yang Bekerja

Seluruh lompatan diatur oleh tiang. Pasalnya, semua perhitungan yang dilakukan oleh tubuh bergantung pada tiang yang kamu bawa. 

“Inversi melibatkan banyak teknik dan banyak waktu, tetapi juga banyak kekuatan fisik. Saya mencoba untuk membalikkan badan secepat yang saya bisa dan sejajar dengan tiang. Saat itulah kamu bisa mendapatkan posisi tertinggi di udara," terang Duplantis.  

Tips #4 Hempaskan Tubuh Saat Melewati mistar

Dalam waktu ini, semua teknik krusial telah selesai. Setelah kamu melepaskan tiang, kamu memang berada di tempat untuk mengambil semua momentum. Dalam hal ini juga, pastikan tubuhmu menghindari palang, dan singkirkan mistar dari lengan dan dada. (*)

  RELATED ARTICLES