Sosok Zikril Hakim, pemegang rekor lompat jauh, Energen Champion SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers akan segera digelar. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu bakal berlangsung pada 26-28 Oktober 2023. Yang akan diselenggarakan di Stadion Oepoi, Kupang. Ribuan pelajar dan ratusan sekolah akan kembali bersaing memperebutkan gelar juara. 

Sesuai dengan namanya, Bali Nusra Qualifiers bisa diikuti oleh pelajar dari seluruh Bali dan Nusa Tenggara. Pada penyelenggaraan musim 2022, Bali Nusra Qualifiers menjadi wilayah kualifikasi pembuka. Dan sukses diikuti oleh 3.898 pelajar. Bahkan beberapa rekor tercipta. Khususnya untuk nomor lompat jauh. 

Siswa SMAN 4 Praya, Zikril Hakim, berhasil memegang rekor SAC di nomor lmpat jauh. Dengan catatan perolehan 6,67 meter. Hingga hari ini, belum ada catatan lompatan yang mengalahkan perolehan Zikril Hakim. Sayangnya, ia telah lulus tingkat sekolah menengah ke atas. Sehingga peluang terbukanya juaran baru di Bali Nusra Qualifiers sangat luas. 

Selain Zikril, ngomongin Bali Nusra Qualifiers tak lengkap rasanya tanpa membicarakan Yad Hapizudin. Siswa MA Al Ijtihad Danger tersebut saat ini juga memegang rekor 1.000 meter putra. Yakni dengan catatan waktu 2 menit 36,53 detik. 

Namun, apakah rekor akan kembali pecah atau diperoleh peserta Bali Nusra Qualifiers ?

Jawaban singkatnya kemungkinan bisa terjadi. Namun, penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers saat ini bergeser ke Kupang, NTT. Berbeda dengan tahun lalu yang berada di Mataram, NTB. Tentunya perlu ada pemetaan baru bagaimana persaingan para pelajar di Kupang, NTT. 

Yang jelas, beberapa juara tahun lalu akan bersaing pada Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Misalnya, Sang Ayu Putu Devitasari. Siswi SMAN 1 Kintamani, Bali yang akan bersaing di nomor 100 meter putri. 

Kemudian ada Yuda Atma Jaya dari SMAN 3 Selong, NTB, yang akan kembali berlaga. Yuda tentunya memiliki segudang pengalaman untuk kembali ke panggung kompetisi SAC Indonesia. Selain itu, ada juga Muhammad Faiz Alfarizi dari SMA Darul Muhajirin Praya. Yang akan comeback untuk bersaing di nomor 100 meter putra. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers akan diselenggarakan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia itu akan berlangsung pada 26-28 Oktober 2023. 

Baca Juga: Jangan Terlewat, Pendaftaran SAC Indonesia Bali Nusra Qualifiers Masih Dibuka

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES