Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah berlangsung. Dua musim pertama kompetisi itu telah diselenggarakan. Yakni West Java Qualifiers dan Sumatera Qualifiers. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia itu nantinya juga akan singgah di Kota Kupang, NTT. 

Bertajuk Bali Nusra Qualifiers, di regional qualifiers ini ribuan pelajar dan ratusan sekolah akan memperebutkan gelar juara. Mereka akan bersaing di lima nomor lomba. Yakni sprint, middle distance, relays, long jump dan shot put. 

Menyusul kabar penyelenggaraan tersebut, para juara dari Bali Nusra Qualifiers mengaku antusias. Salah satunya adalah Yad Hapizudin. Champion SAC di nomor 1.000 meter putra itu meraih juara di Energen Champion SAC National Championship, setelah berhasil finis dalam 2 menit 36,53 detik. 

Kali ini, Yad memang tak bisa kembali bersaing di Energen Champion SAC Indonesia. Namun siswa MA Al Ijtihad Danger tersebut tetap berdoa dan memberikan semangat agar wakil dari Bali Nusra tetap semangat dalam bersaing. Apalagi Yad percaya bahwa potensi dari anak-anak di Bali dan Nusa Tenggara cukup besar. 

"Alhamdulillah di buka lah Bali Nusra. Semoga teman-teman yang lagi persiapan SAC semangat dan jangan pernah menyarah. Karena segala sesuatu yang diperjuangkan dengan baik itu pasti membuahkan hasil yang baik," ungkap Yad. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh M. Iqra Syahputra. Runner up dari Energen Champion SAC National Championship di nomor 1.000 meter tersebut juga berharap bahwa peserta SAC Indonesia dari Bali Nusra Qualifiers. 

"Semoga teman-teman tetap sehat dan menjaga konsistensi. Disiplinnya dalam berlatih serta nanti bisa memberikan hasil yang terbaik di qualifier Bali Nusra atau bahkan nanti bisa menjadi yang terbaik juga di National Championship-nya untuk mewakili Bali Nusra ke Australia," lanjut Yad. 

Baca Juga: Jangan Terlewat, Pendaftaran SAC Indonesia Bali Nusra Qualifiers Masih Dibuka

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers akan diselenggarakan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia itu akan berlangsung pada 26-28 Oktober 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES