Persaingan nomor 4x100 meter Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

SMAN 12 Kota Tangerang Selatan siap kembali berprestasi di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Usai tim estafetnya melaju ke babak National Championship pada penyelenggaraan musim 2022, Dubes Tangsel -julukan SMAN 12 Kota Tangerang Selatan- siap meraih prestasi lebih tinggi. 

Menurut Abdan Sakuro, guru PJOK SMAN 12 Kota Tangerang Selatan, skuad Dubes ingin mengulang kembali kejayaan di babak National Championship. Mereka berharap bisa kembali tampil di Solo. "Semoga mungkin ada perwakilan dari sekolah kami bisa mengikuti training camp ke Australia nanti," ungkap Abdan. 

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, Dubes telah latihan rutin. Bahkan sebelum pendaftaran dibuka. "Sekarang sudah masa persiapan khusus. Kami seminggu latihan rutin empat kali untuk SAC Indonesia 2023," lanjut Abdan. 

Abdan (paling kanan) bersama dengan skuad SMAN 12 Tangsel usai berlatih. Dok: Istimewa

Banyak cerita menarik mengiringi persiapan mereka. Mulai dari cedera para wakil Dubes ke SAC. Hingga banyak waktu yang harus dikorbankan dalam berlatih untuk menghadapi SAC Indonesia 2023. 

Andan menyebut bahwa SAC Indonesia bukan lagi hanya perlombaan biasa. Tetapi telah menjelma sebagai liganya atletik untuk tingkat pelajar. SAC Indonesia 2023 adalah turnamen yang di nanti oleh ribuan pelajar Indonesia. Khusus yang mendalami cabor atletik. 

"Saya sangat mendukung penuh SAC ini. Karena waktu zaman saya masih atlet, tidak ada turnamen seperti ini. Bahkan dengan adanya SAC mungkin PB PASI bisa mencari bibit atlet atletik nasional di masa yg akan datang," katanya. 

Baca Juga: Deretan Juara SAC Ini Pernah Berprestasi di Cabor Lain, Kini Waktunya Abas DBL!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers akan diselenggarakan di GOR Rawamangun, Jakarta. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia itu akan berlangsung pada 3-5 November. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES