Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. 

Sumatera Qualifiers akan digelar di Medan, pada 1-3 September 2023. Sementara, West Java Qualifiers akan diselenggarakan di Bandung pada 22-24 September 2023. Bali Nusra Qualifiers akan digelar di Kupang, pada 12-14 Oktober 2023.  Jakarta Banten Qualifiers bakal diselenggarakan di Jakarta. Sedangakan East Java Qualifiers akan digelar di Surabaya. Terakhir, Central Java Qualifiers bakal digelar di Semarang. 

Digelarnya musim baru tentunya membangkitkan antusiasme bagi banyak pihak. Apalagi, Energen Champion SAC Indonesia pada penyelenggaraan musim lalu berhasil menggaet 31 ribu pelajar dari lebih 2000 sekolah di seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini, Energen Champion SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.  

Baca Juga: Jangan Lupa Daftar, Juara SAC Indonesia Bisa Training Camp ke Australia!

Tahun ini, Energen Champion SAC Indonesia akan kembali melombakan lima main event, yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Nantinya, juga ada dua supporting event, yakni Kids' Athletics dan Formula One.

Energen Champion SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES