Ilustrasi manfaat minum air putih

Air putih tidak bisa dilepaskan dari kesehatan. Air putih mengandung mineral yang selalu dibutuhkan tubuh dan terbebas dari kandungan yang tak bermanfaat. Air putih harus diminum setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh tetap optimal.

Meski banyak orang menyadari bahwa asupan air putih harus dicukupi setiap hari, masih banyak yang kekurangan minum air putih karena beragam alasan. Padahal, konsumsi air putih yang cukup membawa banyak manfaat bagi tubuh. Simak informasi lengkap mengenai manfaat cukup minum air putih berikut ini.

1. Mencegah Dehidrasi

Fungsi paling mendasar dari air putih adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Setiap harinya, kita kehilangan cairan dari kegiatan yang dilakukan. Air putih akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan fungsinya yang menghidrasi. Ketika cairan tubuh banyak hilang dan tidak ada rehidrasi, tubuh dapat mengalami kejang bahkan fungsi ginjal dapat terganggu.

Baca Juga: Manfaat Hidrasi untuk Mempercepat Proses Recovery

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Konsumsi air putih yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Ini karena air putih dapat melancarkan peredaran darah ke otak. Ketika peredaran darah otak lancar, fungsi otak akan berjalan secara maksimal sehingga konsentrasi dan daya ingat menjadi lancar.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Air putih juga penting bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Pada dasarnya, air putih dapat melancarkan metabolisme tubuh sehingga kinerja tubuh dalam membakar lemak dan membuang kotoran dapat berjalan optimal. Maka dari itu, peningkatan metabolisme ini yang sangat penting untuk proses penurunan berat badan.

Tak hanya melancarkan metabolisme tubuh. Air putih juga ditemukan dapat mengontrol nafsu makan bagi sebagian orang. Ini karena air putih dapat merenggangkan dinding lambung sehingga kita merasakan efek kenyang yang mengurangi nafsu makan.

4. Membantu Penyerapan Nutrisi

Air membantu produksi air liur yang membantu proses pemecahan makanan sebelum masuk ke pencernaan. Dalam fungsi pencernaan, air putih dapat melarutkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makanan yang kita konsumsi. Ketika nutrisi sudah larut, air juga akan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Ini alasan mengapa kita tetap perlu minum air, tidak hanya konsumsi makanan.

5. Menjaga Kesehatan Organ Tubuh

Air putih berjasa menjaga kesehatan setiap organ tubuh. Simak detailnya berikut ini.

a. Sendi dan Tulang

Menurut Harvard School and Public Health, air putih membantu melumasi persendian sehingga aktivitas fisik tak terganggu. Tak hanya itu, air putih juga menjadi pengantar vitamin D dan kalsium yang berfungsi menguatkan tulang. Ketika seseorang banyak mengonsumsi makanan tinggi vitamin D dan kalsium, tetapi tidak mencukupi kebutuhan air, dua nutrisi tersebut tidak dapat diserap oleh tulang.

b. Sistem Kardiovaskular

Air putih memberikan efek menenangkan pada pembuluh darah sehingga meringankan beban sistem kardiovaskular. Dengan mencukupi kebutuhan air putih, tekanan darah akan tetap stabil sehingga jauh dari penyakit jantung dan stroke.

c. Ginjal dan Saluran Kemih

Air putih membantu kerja ginjal membuang sisa metabolisme dan bakteri tubuh melalui urine. Ketika asupan air tidak tercukupi, sisa metabolisme atau bakteri akan menumpuk di ginjal dan terbentuklah batu ginjal. Jika kebutuhan air cukup, kita akan buang air kecil secara rutin. Ini mencegah infeksi saluran kemih karena tak ada penumpukan bakteri.

d. Sistem Pencernaan

Air putih melancarkan proses pencernaan secara menyeluruh. Air membantu kita mengunyah makanan lebih mudah, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan melancarkan proses pembuangan zat sisa makanan.

Ada beberapa kepercayaan yang melarang konsumsi air putih saat dan sesudah makan. Namun, studi membuktikan bahwa air putih dapat diminum sebelum, sesudah, dan setelah makan untuk melancarkan pencernaan.

6. Menjaga Kelembapan dan Kecerahan Kulit

Penelitian berjudul Water, Hydration and Health menyatakan bahwa kulit mengandung 30% air. Secara umum, mencukupi kebutuhan air akan membantu hidrasi kulit sehingga kulit tetap terlihat lembap dan elastis. Air putih juga berfungsi menyalurkan nutrisi dan membuang zat tak berguna sehingga dapat membantu seluruh bagian tubuh, termasuk kulit, terlihat sehat dan cerah.

Baca juga: Le Minerale: Air Mineral Pegunungan yang Baik Bagi Kesehatan

7. Meningkatkan Mood dan Stamina

Meski terkesan sederhana, minum air putih dapat menjaga suasana hati tetap positif. Seseorang yang konsumsi air putihnya cukup cenderung memiliki suasana hati yang lebih positif. Ini karena dehidrasi atau kekurangan air menurunkan tingkat asam amino di otak yang berujung pada perasaan cemas, rendah diri, kesal, dan lebih sensitif.

Selain itu, konsumsi air putih juga akan membuat kita lebih bersemangat karena memiliki stamina yang cukup. Air putih memang tak memberi energi. Namun, air mengantarkan kebutuhan seperti karbohidrat, protein, lemak, dan nutrisi lain agar kita tetap bertenaga.

Melihat banyaknya manfaat air putih, kita perlu mencukupi kebutuhan air putih setiap hari. Air putih yang memiliki kandungan mineral seimbang dari sumber alami adalah Le Minerale. Air putih satu ini cocok dijadikan asupan hidrasi harian karena mineralnya seimbang, higienis, dan terjamin kualitasnya. Kesegaran Le Minerale yang khas dengan sedikit rasa manis membuat konsumsi air putih jadi menyenangkan.(*)

  RELATED ARTICLES