Ilustrasi berolahraga

Berolahraga perlu banyak energi. Sebagian orang sengaja meminum minuman penambah energi sebelum berolahraga untuk meningkatkan performa. Beberapa minuman memang manjur sebagai pendorong energi untuk menopang aktivitas fisik yang intens.

Kebingungan soal minuman penambah energi yang baik dikonsumsi masih sering muncul. Bagi pecinta olahraga, simak rekomendasi minuman penambah energi berikut ini yang baik diminum sebelum berolahraga.

1. Air Putih

Minuman yang wajib dikonsumsi bagi setiap orang yang berolahraga adalah air putih. Tak hanya selama berolahraga. Minum air putih sebelum olahraga juga penting bagi tubuh. Asupan air putih sebelum berolahraga akan menjaga tubuh tetap terhidrasi secara maksimal. Ketika tubuh terhidrasi, tubuh berada dalam kondisi optimal sehingga aktivitas intens tak membuat tubuh kewalahan.

Air mineral yang baik adalah air yang higienis dan kaya mineral alami untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh. Le Minerale adalah salah satu air mineral yang terjamin kualitasnya.

Baca juga: Le Minerale: Air Mineral Pegunungan yang Baik Bagi Kesehatan

2. Kopi

Kopi dikenal sebagai minuman penambah energi yang efektif. Kopi mengandung kafein yang dapat mendorong performa tubuh termasuk dalam aktivitas fisik. Minuman satu ini dapat meningkatkan kekuatan otot dan menajamkan fokus saat berolahraga.

Kopi dapat diminum 45-60 menit sebelum berolahraga. Durasi tersebut membuat kopi telah diserap oleh tubuh sehingga manfaatnya efektif. Namun, meminum kopi sebelum olahraga perlu dipertimbangkan matang. Beberapa orang memiliki sensitivitas tinggi pada kafein sehingga kopi dapat menimbulkan efek sakit perut, kecemasan berlebih, sampai detak jantung yang meningkat.

3. Air Kelapa

Kelapa menjadi andalan banyak orang untuk dijadikan sumber elektrolit. Tak heran air kelapa memberikan energi karena elektrolit berperan penting dalam produksi energi. Selain itu, air kelapa juga memiliki manfaat hidrasi yang sangat dibutuhkan oleh pecinta olahraga. Ditambah lagi, minum air kelapa juga ditemukan dapat mencegah kram selama berolahraga.

Jika kamu perlu asupan energi tambahan sebelum berolahraga, maka minum air kelapa beserta dengan daging kelapa sebagai pre-workout. Tak perlu khawatir mengenai kalori karena kelapa memiliki kalori dan indeks glikemik yang rendah. Cocok bagi yang sedang defisit kalori.

4. Air Lemon dan Madu

Air lemon dan madu memiliki segudang manfaat bagi pecinta olahraga. Madu sering dijadikan asupan sebelum berolahraga karena mampu memberikan energi instan dengan indeks glikemik yang cenderung rendah. Lemon berfungsi sebagai sumber vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat.

Lemon memiliki mikronutrien berupa vitamin sedangkan madu menyediakan makronutrien berupa karbohidrat sehingga saling melengkapi. Air lemon dan madu dapat diminum hangat atau dijadikan infused water yang dikonsumsi sebelum olahraga.

5. Minuman Penambah Energi Buatan Sendiri

Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Tak jarang seseorang meracik sendiri minuman penambah energinya agar sesuai dengan kebutuhan. Bahan yang sering dipakai dalam minuman penambah energi adalah oat. Bahan ini menjadi sumber energi yang lengkap dengan serat dan sederet khasiat bermanfaat.

Baca juga: 9 Rekomendasi Varian Rasa Energen Enak yang Wajib Kamu Coba

Salah satu minuman penambah energi yang mengandung oat adalah Energen. Minuman sereal ini cocok menjadi pengisi daya tubuh sebelum berolahraga karena mampu memberikan energi dengan praktis. Suntikan energi Energen juga dilengkapi dengan Sigmavit yaitu kombinasi Vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E, dan Asam Folat. Cukup diseduh dengan air panas, Energen yang mengandung segudang manfaat siap dinikmati.(*)

  RELATED ARTICLES