M. Deka Pratama (1460) dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers

Salah satu wajah familiar hadir dalam Technical Meeting (TM) Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, yang digelar pada Rabu 30 Agustus, di Gedung Serba Guna, Unimed, Medan. Ia adalah M. Deka Pratama. Juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers untuk 100 meter putra. Siswa SMK Jambi itu akan kembali bersaing di nomor yang sama tahun ini. 

Kehadiran M. Deka Pratama dalam TM Energen Champion SAC Indonesia rupanya mengejutkan banyak pihak. Khususnya pelatih-pelatih dari Sumatra Utara. Kehadiran Deka -begitu panggilannya- langsung menjadi pusat perhatian. "Entah kenapa, tapi begitu melihat saya mereka bilang, 'wah si Deka ikut lagi'. Semua orang pada bilang begitu," katanya. 

Respons tersebut kemungkinan muncul karena prestasi Deka yang melejit akhir-akhir ini. Dalam sebuah kompetisi tingkat kota bernama Merdeka Run yang digelar Agustus 2023, Deka juga menyabet juara pertama. Selain itu, titel sebagai pemegang catatan waktu terbaik di North Sumatera Qualifiers juga masih melekat dalam dirinya. 

Baca Juga: Muhammad Deka Pratama dari SMK Jambi Kembali Kejar National Championship

Deka hadir di TM seorang diri. Ia juga betul-betul memperhatikan pemaparan regulasi. Rupanya, target Deka adalah kembali meraih tiket Energen Champion SAC National Championship. "Tahun kemarin Deka belum tampil maksimal. Bahkan nggak masuk final. Sampai nangis di stadion, hahaha," kelakarnya. 

Deka bahkan menghabiskan hampir setahun terakhir berlatihn khusus untuk SAC Indonesia. Keikutsertaannya dalam Merdeka Run juga menjadi salah satu bentuk percobaannya. "Kemarin pas Merdeka Run sudah sampai 11 kecil. Semoga tahun ini kembali 11 kecil," tandasnya. 

Baca Juga: Menanti Juara 100 Meter Putra di Sumatera Qualifiers, Kembali Milik SMK Jambi?

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers akan digelar pada 1-3 September di Stadion Unimed, Medan. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia akan diikuti oleh sekolah-sekolah dari seluruh Sumatra. Sumatera Qualifiers juga merupakan salah satu dari enam rangkaian total penyelenggaraan di seluruh Indonesia. Selain Sumatera, juga ada West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra dan Jakarta Banten. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

  RELATED ARTICLES