Deka usai juara SAC Indonesia Sumatera Qualifiers

Muhammad Deka Pratama tak puas dengan hasilnya di Student Athletics Championships (SAC) Indonesia National Championship tahun 2022. Untuk itu, ia kembali mengikuti kompetisi tersebut tahun ini. Sebagai wakil dari SMK Jambi, Deka akan kembali turun dalam nomor sprint 100 meter putra di babak Sumatera Qualifiers. 

Target Deka tahun ini begitu besar. Ia ingin dapat menembus babak National Championship  lagi. Deka bahkan mengaku sudah berlatih lebih awal untuk menghadapi SAC Indonesia season baru. “Persiapan sudah lumayan matang sih, cuma tinggal dikit lagi mencapai top perform-nya,” kata Deka. 

Deka merupakan juara 100 meter putra dalam babak North Sumatera Qualifiers tahun 2022 dengan catatan waktu 11,78 detik. Ia kemudian lolos ke National Championship dan bersaing dengan juara regional qualifiers yang lain. Namun, Deka gagal meraih juara di babak puncak tersebut. 

“Kemarin agak sedih waktu gagal juara. Tapi nggak apa-apa season 2023 dicoba lagi. Kalau gagal ya coba lagi, masa iya kalau gagal nyerah begitu aja. Kan enggak,” lanjut Deka. “Apalagi kesempatan masih besar. Motivasinya semoga bisa jadi pemenang lagi tahun ini dan bakal ada limit baru di sprint 100 meter.”

Meskipun babak regional qualifiers untuk wilayah Sumatera tahun ini diperluas, Deka optimistis dapat meraih posisi pertama. “Pasti tetap ada persaingan di setiap perlombaan, jadi harus percaya diri dengan diri sendiri. Dan tetap harus tampil full power,” terang Deka. 

Deka juga memperbaiki banyak komponen larinya tahun ini. Seperti daya ledak, ayunan tangan yang semakin harus dipercepat, perbaikan langkah yang sebelumnya biasa saja juga harus di tambah lagi hingga benar-benar jauh. 

Selain kembalinya Deka di panggung SAC Indonesia, SMK Jambi juga akan membawa pasukan lebih banyak tahun ini. Menurut Deka, sekolahnya akan mengirimkan sebanyak 15 siswa di berbagai nomor atletik. Di antaranya, tolak peluru, lompat jauh, 100 meter dan 1.000 meter. 

“Kami ada target, tahun ini harus berangkat ke National Championship. Targetnya itu aja dulu. Nanti menyesuaikan,” kata Deka. 

Baca Juga: Deka Pratama Bidik Juara di National Championship untuk Kado Sang Ayah

SAC Indonesia akan kembali bergulir tahun ini. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia ini akan mencari bakat-bakat terpendam atletik dari seluruh Indonesia. Diharapkan dengan perolehan para Champion SAC di Kejurnas Atletik, dapat memberikan inspirasi bagi banyak pihak. 

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES