Alauddin Akbar saat melakukan olahraga basket di sekolah

Alauddin Akbar dari SMAN 20 Surabaya bakal debut dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Siswa kelas X tersebut akan bersaing di nomor 100 meter putra. Menurut Al -begitu ia kerap disapa- ia mengikuti kompetisi ini karena tertarik dengan olahraga lari. Secara bersamaan, temannya membagikan poster terkait perlombaan SAC Indonesia tersebut kepadanya. 

"Di sini saya ikut SAC Indonesia juga bersama dua teman saya. Dan berlatih bersama mereka untuk menghadapi SAC Indonesia," kata Al. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers akan menjadi kompetisi atletik pertama bagi Alauddin Akbar. Ia mengaku akan belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh. "Karena saya melihat diri saya ini kemungkinan cocok juga dalam olahraga lari, dibandingkan olahraga yang lainnya," lanjut Al.  

Keikutsertaan Alauddin Akbar dalam Energen Champion SAC Indonesia juga didorong atas kemauannya yang sangat besar dalam mempelajari olahraga. Al sebenarnya pernah bergabung dalam sekolah sepakbola. Namun, ia tak melanjutkannya. "Hanya saja saya berhenti dan sekarang sedang mendalami olahraga basket," kata Al. 

Al sendiri aktif mendukung basket SMAN 20 Surabaya. Misalnya saja, saat berlaga dalam Honda DBL with Kopi Good Day, Al langsung datang mendukung almamaternya. "Kemarin waktu bertanding dengan Petra 2 saya sempat lihat. Kebetulan belum pernah bertanding di basket DBL. Mudah-mudahan tahun depan terpilih," ungkap Al. 

Baca Juga: Rekap Hasil Hari Ketiga East Java Qualifiers Jenjang SMA

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES