Legenda Marathon asal Kenya, Eluid Kipchoge (AFP)

Lari maraton merupakan kompetisi lari paling populer di dunia. Bahkan disebut-sebut sebagai kompetisi jalanan paling bergengsi yang pernah ada. Setiap kota, negara bahkan lembaga berlomba-lomba untuk menggelar perlombaan tersebut. 

Kali ini, SAC Indonesia akan membahas tentang deretan kompetisi lari maraton terbaik di dunia. Yang diukur mulai dari jumlah pesertanya dan seberapa pengaruh kompetisi tersebut. Berikut adalah daftarnya:

1. London Marathon

London Marathon menjadi salah satu kompetisi lari marathon terbesar di dunia. Kompetisi ini diadakan di venue besar, jumlah peserta mencapai puluhan ribu dan penonton yang luar biasa. Oleh karena itu, London Marathon biasanya akan menjadi event paling dikenang oleh pelari. 

London Marathon diadakan pertama kali pada tahun 1981 dan terinspirasi oleh New York City Marathon, tetapi kesuksesannya jauh lebih tinggi. London Marathon biasanya diikuti oleh 30 ribu lebih peserta dan diadakan setiap April dalam setahun. 

2. Berlin Marathon

Nomor dua ada Berlin Marathon. Kompetisi lari ini sering mendapatkan gelar sebagai event world-class marathon dengan banyak pemecahan rekor terjadi dan sistem pengelolaan yang epik serta efisien. Berlin Marathon biasanya diikuti oleh 20 ribu lebih peserta dan diadakan setiap September dalam setahun. Sama seperti namanya, kompetisi ini memiliki start dan finish di Berlin. 

Baca Juga: Kenapa Jarak Lari Maraton 42 Kilometer? Begini Sejarah dan Penjelasannya

3. New York City Marathon

Kalau kamu bertanya pada semua pelari maraton di dunia, kompetisi mana yang menjadi paling favorit, itu pasti New York City Marathon. Tidak ada acara lain yang menarik begitu banyak pelari internasional dari berbagai negara kecuali ini. Dalam New York City Marathon, ada banyak daya tarik kota yang diciptakan. Misalnya, atmosfir acara besar, tempat berkumpulnya para pelari internasional dan kerumunan orang yang membanjiri jalanan untuk mendukung, menghibur, dan memotivasi pelari.

New York City Marathon digelar pada November, setiap tahunnya. Kompetisi lari ini biasanya menarik lebih dari 30,000 pelari dari Seluruh dunia. 

Baca Juga: Lari Maraton: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Manfaat

4. Chicago Marathon

Chicago Marathon mungkin tidak seramai New York City Marathon, tetapi dalam hampir semua elemen lari, Chicago memegang keunggulan sebagai kompetisi maraton terbaik dan terbesar di Amerika. Manajemen balapan yang sangat baik, dan kepedulian terhadap pelari biasa yang sangat dijunjung oleh Chicago Marathon patut diapresiasi. Chicago Marathon biasanya diadakan setiap bulan Oktober dan biasanya diikuti oleh lebih dari 30 ribu peserta.

Baca Juga: Kenalan Sama Kelvin Kiptum, Pemecah Rekor Eliud Kipchoge di Chicago Marathon

5. Boston Marathon

Boston adalah lari maraton tertua di dunia. Kompetisi ini mendalami tradisi dan sejarah maraton, dengan dukungan penonton yang luar biasa. Namun, Boston Marathon mensyaratkan kualifikasi yang ketat. Sehingga, tidak diperuntukkan bagi pelari pemula. Boston Marathon biasanya diikuti oleh 10 ribu orang dan biasanya diadakan pada April. (*)

  RELATED ARTICLES