Kuartet SMAN 27 Bandung usai berlaga dalam Energen Champion SAC National Championship

Gelar "juara" membuat SMAN 27 Bandung "ketagihan." Mereka akan kembali berlaga dalam Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Dalam nomor estafet 4x100 meter putri, sekolah tersebut akan kembali diwakili oleh Nadia Aisha Nurazmi, Jasmine Safina Khaerunisa, Lilian Novianti Safitri dan Riani Zahwa Aulia. 

Nadia, salah satu srikandi dari estafet SMAN 27 Bandung, mengaku begitu bersemangat menanti Energen Champion SAC Indonesia 2023. Apalagi, di tahun sebelumnya ia dan timnya berhasil menghuni podium pertama. Dalam gelaran musim lalu, tim estafet SMAN 27 Bandung sukses mencatatkan waktu 1 menit 4,11 detik. 

"Pasti senang banget sih waktu tahu kalau SAC Indonesia 2023 ada lagi. Nggak perlu ditanya ini mah sudah nggak sabar," kata Nadia.

Awalnya, srikandi SMAN 27 Bandung berniat melakukan perubahan anggota dan formasi untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. "Tapi karena chemistry kita sudah kuat akhirnya nggak jadi. Karena chemistry itu kan penting ya dalam estafet. Terutama pas exchange baton. Perlu latihan berkali-kali. Nah kalau sama mereka lagi, pasti sudah dapat feel-nya gitu," lanjut Nadia. 

Tim estafet SMAN 27 Bandung berupaya tampil maksimal tahun ini. Buktinya saja, mereka memperbaiki banyak elemen dalam lari estafet. Misalnya, terkait endurance dan perpindahan tongkat. "Karena di nomor sprint itu kan sepersekian detik waktu cukup penting. Nah biar memperpendek waktu itu, tahun ini kita harus latihan lebih keras lagi," ungkap Nadia. 

SMAN 27 Bandung juga akan mengirimkan delegasi lebih banyak tahun ini. Sekitar 30 orang. Tak Hanya estafet, sekolah tersebut juga akan bersaing di Nomor lompat jauh, 1.000 meter, 100 meter hingga tolak peluru. Rupanya, bertambahnya pasukan dari SMAN 27 Bandung ada tujuan yang lebih besar di masa mendatang. 

"Kita tuh mau angkatan seterusnya tetap ikutan event SAC ini, jadi kita ke setiap kelas 10 nawarin yang minat dan serius mau ikutaan di data jadi kita latihan bareng. Banyak yang mau dan kita tes dulu mereka sama guru PJOK kita," terang Nadia. 

Baca Juga: Flashback Keseruan Energen Champion SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers, Yuk

Nadia mengaku ingin meraih juara. Namun, ia tak ingin menetapkan target tersebut sebagai suatu keharusan. "Asal kita udah berusaha semaksimal mungkin, juara atau nggak kita lagi mengusahakan. Saingan kita juga mungkin Bakal lebih berat. Tapi kita bisa melewatinya kalau latihan lebih keras," lanjutnya. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers akan digelar di Stadion Arcamanik, Bandung. Kompetisi tersebut akan diselenggarakan mulai 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES