Penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022-East Java Qualifiers menjadi salah satu qualifiers paling menggemparkan pada Energen Champion SAC Indonesia musim pertama. East Java Qualifiers merupakan rumah bagi beberapa rekor besar tercipta. Qualifiers ini juga memiliki banyak juara di babak National Championship yang mewakili Indonesia dalam Australia Tour. 

Saat ini, pendaftaran Energen Champion SAC Indonesia 2023-East Java Qualifiers telah dibuka. Buat kamu yang masih ragu untuk ikut serta dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut, berikut beberapa keseruan yang wajib kamu ketahui dari penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022-East Java Qualifiers.

1. Diikuti Oleh Lebih dari 4.000 Pelajar

Energen Champion SAC Indonesia 2022-East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 4-6 November 2022. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh lebih dari 4.000 siswa dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA. Energen Champion SAC Indonesia 2022-East Java Qualifiers menjadi qualifiers dengan peserta terbanyak selama gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2022. 

2. Rumah Bagi 3 Rekor Tercipta

Energen Champion SAC Indonesia 2022-East Java Qualifiers merupakan rumah bagi tiga rekor tercipta. Di antaranya, lari estafet 4x100 meter putra yang diraih oleh SMAN 1 Glagah Banyuwangi, lari estafet 4x100 meter putri untuk SMAN 9 Surabaya dan lari 100 meter putri yang diraih oleh Dihanis Arsita dari SMAN 4 Malang. 

Rekor Dihanis Arsita masih bertahan hingga hari ini dengan Catatan waktu 12,92 detik. Sementara, rekor milik SMAN 1 Glagah Banyuwangi telah dipecahkan oleh MAN 2 Gresik dan rekor SMAN 9 Surabaya dipecahkan oleh SMKN 1 Bawang. 

3. Diselenggarakan di Venue Bersejarah di Surabaya

Lapangan THOR Surabaya merupakan salah satu venue atletik berstandar internasional yang ada di Indonesia. Lapangan THOR juga menjadi tempat bersejarah bagi warga Surabaya. Sebanyak 4.000 pelajar di Jawa Timur berlomba di sini dalam gelaran Energen Champion SAC Indonesia.

Lapangan THOR sendiri sudah mengalami pembenahan luar biasa sejak beberapa tahun terakhir. Baik lapangan rumputnya, maupun lintasan atletiknya. Bahkan, lapangan ini masuk dalam sarana pendukung Piala Dunia Sepak Bola U-20, yang akan dihelat di Indonesia tahun depan.

4.  Dua Sekolah di Surabaya Bawa Ratusan Siswa

Sebagai qualifiers dengan peserta terbanya, sekolah-sekolah di East Java Qualifiers membawa puluhan hingga ratusan peserta. Misalnya, SMAN 10 Surabaya membawa 500 peserta. Sementara SMPN 35 Surabaya membawa 300 peserta. 

5. Ada Wakil East Java Qualifiers yang Betolak ke Australia

Lima wakil East Java Qualifiers sukses menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Mereka kemudian menerima reward sebagai skuad yang berangkat untuk Australia Tour. Mereka adalah Dihanis Arsita (SMAN 4 Malang) dan MAN 2 Gresik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023-East Java Qualifiers akan diselenggarakan di Surabaya. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan dieglar pada 3-5 November 2023. Periode pendaftaran untuk East Java Qualifiers akan berlangsung pada 26 Juli-22 Oktober 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES