Sosok Muhammad Fikti Alfariszhy dan Rifan Ramdani usai berlatih bersama untuk Energen Champion SAC Indonesia

SMA Pasundan 9 Bandung akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Mereka akan mengirimkan dua wakil untuk nomor lari jarak menengah dan lari jarak pendek. Yakni Rifan Ramdani di 1000 meter putra dan Muhammad Fikti Alfariszhy untuk 100 meter putra. 

Menurut Riga Dirga Cahyadi, guru PJOK dari SMA Pasundan 9 Bandung, kedua anak tersebut baru menekuni atletik. Namun, mereka dipilih karena memiliki keunggulan dan kelebihan dalam olahraga yang membutuhkan daya tahan dan kecepatan. 

"Kebetulan yang melatih bukan saya. Saya ikut mendampingi. Tetapi saya dibantu teman untuk melatih mereka. Dan mereka sangat antusias," ungkap Riga. 

Karena pertama kalinya mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, SMA Pasundan 9 Bandung belum menetapkan target. Namun, mereka berjanji akan memberikan hasil yang maksimal untuk debutnya kali ini. 

"Belum ada target akan seperti apa. Tetapi kami bahkan sudah mempersiapkan latihan sejak tahun kemarin. Mudah-mudahan bisa meraih juara. Karena di tahun sekarang, sekolah lain tentunya juga mempersiapkan diri dengan maksimal," lanjut Riga. 

Baca Juga: Kilas Balik: 5 Hal Mengesankan dalam SAC Indonesia West Java Qualifiers 2022

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES