Maria Natalia Londa berhasil menyumbangkan medali emas lompat jauh putri di SEA Games Kamboja, pada Rabu, 11 Mei 2023. Atlet berusia 32 tahun tersebut tampil begitu memukau di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja. Maria sukses membukukan lompatan sejauh 6,28 meter. 

Maria berhasil mengalahkan dua wakil Vietnam. Yakni Titu Thoa Bhui dan Thi Loan Bui yang masing-masing berhasil mengantongi 6,13 meter serta 6,02 meter. Tentunya Maria begitu bersyukur atas perolehan ini. Sebelumnya, atlet asal Bali tersebut mengaku ingin memberikan hasil yang lebih baik dari SEA Games 2021 Vietnam.

“Bersyukur bisa mempersembahkan emas. Pelunasan proses yang kemarin di SEA Games Vietnam dapat dua perunggu. Jangan pernah menyerah,” ungkap Maria kepada ANTARA. 

Perolehan emas di SEA Games 2023 Kamboja ini menjadi koleksinya keenam. Secara keseluruhan, Maria saat ini mengantongi 16 medali dari ajang SEA Games. Terdiri dari 6 emas, 6 perak, 4 perunggu. Sebelumnya, Maria juga sukses mempersembahkan medali perak di nomor lompat jangkit.

Baca Juga: Maria Natalia Londa Raih Medali Perak Lompat Jangkit di SEA Games Kamboja

Selain lompat jauh putri, atletik Indonesia juga berhasil meraih medali emas untuk nomor lari estafet 4x100 meter dalam gelaran SEA Games Kamboja 2023. 

Lalu Muhammad Zohri, Bayu Kertanegara, Sudirman Hadi hingga Wahyu Setiawan berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 39,11 detik. Mengalahkan tim Thailand yang menguasai nomor tersebut dalam lima edisi terakhir. 

Dengan begini, target lima emas yang diharapkan oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) telah tercapai. Nomor-nomor atletik lain yang dapat menyumbangkan medali emas di antaranya adalah tolak peluru. Eki Febri Ekawati, wakil Indonesia di SEA Games Kamboja, diharapkan mampu memberikan yang terbaik. (*)

  RELATED ARTICLES