Aksi Arfi Al Mughni dari MA Islahul Amanah yang juga ahli di olahraga renang saat beraksi di National Championship 2023

Energen Champion SAC Indonesia 2023 menjadi salah satu kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. Pesertanya berasal dari pelajar dengan berbagai latar belakang. Asalkan mereka memenuhi syarat bukan sebagai atlet profesional. Sehingga, tak sedikit peserta SAC 2023 merupakan pemula di atletik. Beberapa juga datang dari cabor selain atletik. 

Siapa saja deretan juara SAC Indonesia yang juga ahli di cabor selain atletik, ini daftarnya!

1. Audrey Wang Alam Wibowo (SMA Tzu Chi PIK) - Basket

Salah satu skuad tim estafet SMA Tzu Chi PIK, Audrey Wang Alam Wibowo, merupakan roster dari klub basket yang mentereng di Ibu Kota, ROAR. Audrey baru serius terjun ke atletik setelah mengikuti SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers. Audrey bahkan sering memperkuat ROAR di berbagai level pertandingan di Indonesia. 

Dalam SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, Audrey bersama timnya sukses menyabet podium pertama di relay 4x100m putri dan kembali berlaga di babak National Championship di Jakarta. 

Baca Juga: Naik Kelas! Kini SMA Tzu Chi PIK Segel Juara di Relays 4x100 Meter Putri

2. Juanda Kristian Hutagaol (SMKN 7 Medan) - Tarung Derajat

Juanda Kristian Hutagaol dari SMKN 7 Medan rupanya juga jago dalam olahraga tarung derajat. Juara tolak peluru putra National Championship 2023 dari Sumatera Qualifiers tersebut. Tarung derajat bahkan menjadi olahraga pertama Juanda sebelum menekuni tolak peluru. "Awalnya Ingin menekuni olahraga tarung derajat agar punya bekal bela diri saja," kata Juanda. 

Baca Juga: Juanda Kristian dari SMKN 7 Medan Rupanya Juga Ahli Tarung Drajat

3. Lintang Yulia Prasasti (SMA Taalamul Huda Bumiayu) - Voli

Lintang Yulia Prasasti dari SMA Taalamul Huda Bumiayu telah menekuni olahraga voli sejak kelas IV-VI SD. Pemegang gelar 3rd place sprint 100m putri National Championship 2023 tersebut biasanya mewakili Kota Semarang di berbagai kejuaraan voli. Bahkan Lintang juga memperkuat timnya hingga meraih medali di perlombaan voli. 

4. Sala Nursyafa Jajuar (SMAN 1 Singaparna) - Pentathlon

Sala Nursyafa Jajuar merupakan juara middle distance 1.000m putri di West Java Qualifiers 2023. Siswi SMAN 1 bersaing ketat dengan pelari jarak menengah SMAN 7 Cirebon, Vira Chazinatuss'ab dan pelari SMA Kesatuan Bogor,  Joan Alexandria. Sala meraih podium ketiga dan berangkat ke National Championship 2023. 

Sala sebenarnya adalah seorang student athlete di bidang pentathlon. Ia beberapa kali mengikuti kejuaraan bersifat open di tingkat nasional dan internasional. Pentathlon sendiri adalah olahraga yang terdiri dari beberapa gabungan cabor, seperti menembak, berenang hingga lari jarak menengah. 

Baca Juga: Newbie di Atletik, Sala Nursyafa Sukses Raih Podium dan Berangkat ke NatChamp

5.  Arfi Al Mughni (MA Islahul Amanah) - Renang

Arfi Al Mughni dari MA Islahul Amanah merupakan salah satu wakil West Java Qualifiers 2023 yang begitu membanggakan. Setelah menjuarai middle distance 1.000m putra, Arfi mewakili daerahnya bersaing di National Championship 2023. Rupanya, Arfi juga mendalami olahraga renang, yang bakatnya bisa bertransformasi dengan baik untuk lari jarak menengah. 

Baca Juga: Arfi Al Mughni Tebus Kekalahan di Middle Distance 1000 Meter Putra

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah tuntas. Musim kedua dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut dimulai dengan babak regional qualifiers dan ditutup dengan National Championship, yang tuntas digelar pada Januari 2024 lalu. 

SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES