Sala Nursyafa Jajuar (paling kiri) dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Nama Sala Nursyafa Jajuar kini ramai dibicarakan. Siswi SMAN 1 Singaparna, Tasikmalaya itu berhasil meraih podium ketiga middle distance 1.000m putri dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Dengan prestasinya tersebut, Sala mengantongi satu tiket National Championship, dan akan bersaing dengan juara regional qualifiers lainnya. 

Ini merupakan kali kedua bagi Sala bersaing di Energen Champion SAC Indonesia. Sebelumnya, saat bersekolah di SMPN 1 Cigalontang, Sala turun di nomor middle distance 800m putri dan berhasil meraih podium ketiga. Meskipun bersaing dengan para seniornya, Sala mengaku bangga dengan pencapaiannya. 

"Saya senang sekali karena akhirnya bisa ikut SAC ke level nasional bareng beberapa senior, dan tentunya ini menjadi pengalaman berharga. Ini juga pertama kalinya aku ikut kompetisi atletik yang berhasil ke nasional," terang Sala. 

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

Meskipun telah dua kali mengikuti SAC Indonesia, ini menjadi kali pertama bagi Sala bersaing di middle distance 1.000m putri. Sebenarnya, Sala memiliki basic dalam olahraga renang. Dan beberapa kali meraih juara dalam perlombaan Pentathlon Modern."Karena ingin mencoba ke atletik, ternyata Sala di atletik juga memiliki peluang terutama di nomor lari," terangnya. 

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship, Sala meningkatkan intensitas berlatih dengan coach-nya, Amar. Bahkan, ia rela menggunakan waktu libur sekolah ini dengan mengisi program yang maksimal. "Targetnya aku bisa naik podium," lanjutnya. 

Tentunya ada tantangan yang besar bagi Sala menghadapi National Championship. Apalagi, ia mengikuti nomor indvidu. Berbeda dengan Pentathlon yang terdiri dari berbagai cabang olahraga. "Kalau di atletik, kita fokus lari saja mengejar best time, kalo di Pentathlon harus membagi bagi tenaga untuk beberapa cabor lain. Tapi seru," lanjut Sala. 

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Nantinya, Sala akan bersaing dengan total 288 juara regional qualifiers yang lain dalam National Championship. Babak puncak kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar pada 18-20 Januari 2024. Dan akan berlangsung di StadioN Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES