Arfi Al Mughni (tengah) saat menerima UPP dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Revans Arfi Al Mughni sukses besar. Ia berhasil meraih posisi pertama di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Arfi sukses melesat terdepan dengan perolehan waktu 2 menit 52,14 detik. Mengalahkan dua pelari lain yang menempel ketat padanya. Yakni Sigit Sandilatama (SMAN 3 Cibinong) dan Rama Saputra (SMAN 7 Cirebon).

Sebagai informasi, Arfi pernah mengikuti SAC Indonesia. Tahun lalu. Tapi ia hanya mampu finis di urutan kelima. Jauh di belakang Rafi Ilman dari SMAN 1 Margahayu dan Revan Arta Dinata dari SMA 1 Jatiwaras. Kini, sebaliknya. Arfi berhasil membuktikan dirinya mampu berlaga di Jawa Barat. "Kuncinya cuma dua, doa orang tua dan latihan yang serius," ungkap Arfi. 

Arfi terbilang baru dalam mendalami olahraga atletik. Tepatnya sejak tahun 2020. Ia terinspirasi banyak pelari-pelari hebat dari Pangalengan. Apalagi, Arfi sebenarnya mendalami olahraga renang. Sehingga tak sulit baginya untuk berlatih olahraga individu. "Tapi gimana-giamana tetap seru atletik sih, karena temannya banyak," kata Arfi. 

Baca Juga: 48 Pelajar Terbaik Sumatera Siap Bersaing di National Championship

Arfi mengaku tak sabar dalam menghadapi babak National Championship di Solo, Jawa Tengah. Ia berharap segera dapat bersaing. Arfi tentunya akan mempersiapkan berbagai program demi bisa tampil maksimal di babak puncak. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers diikuti oleh 5.611 pelajar dari 417 sekolah dari seluruh Jawa Barat. Kompetisi atletik pelajar terbesar ini diselenggarakan pada 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain West Java, SAC Indonesia juga akan digelar di Sumatera, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra.

Baca Juga: Gelar Juara 1.000 Meter Putra West Java Qualifiers Milik MA Islahul Amanah

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES