Juanda Kristian, saat menerima penghargaan dalam final Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Pernah dengar Tarung Drajat? Itu merupakan salah satu seni bela diri fenomenal asal Indonesia. Sesuai dengan namanya, bela diri itu diciptakan oleh Ahmad Drajat. Banyak yang menyebut Tarung Drajat merupakan seni bela diri gabungan. Karena tidak hanya berfokus pada pukulan, tendangan dan kuncian. Melainkan kombinasi di antara semua gerakan bela diri. 

Juara tolak peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, Juanda Kristian, merupakan salah satu pelajar yang menyukai Tarung Drajat. Bahkan, sebelum menekuni olahraga tolak peluru, Juanda aktif bermain Tarung Drajat. Menurut pengakuannya, Juanda baru menekuni olahraga tolak peluru sejak Februari 2023. 

Mengikuti Tarung Drajat menjadi modal awal Juanda untuk merealisasikan cita-citanya sebagai abdi negara. Selain itu, Juanda juga ingin memiliki ilmu bela diri tambahan.  Ketekunan Juanda dalam Tarung Drajat membuat pelatihnya ingin menggali banyak potensi. 

"Akhirnya saya diajak berlatih dengan pelatih kenalannya, yaitu Pak Dumpang. Nah, dari sana saya akhirnya diikutsertakan ke banyak kompetisi atletik," ujar Juanda. 

Kompetisi pertama Juanda adalah PORWIL. Di sana, ia juga berlaga di nomor tolak peluru. Dan langsung menjadi juara pertama. Juanda kemudian melihat banyak peluang yang bisa dilakukan untuk nomor tolak peluru. "Akhirnya tahun ini ikut di SAC Indonesia," terang Juanda. 

Juanda merasakan keseruan Bermain tolak peluru. Ia ingin dapat menekuni olahraga ini secara terus menerus. Meskipun sebentar lagi adalah tahun kelulusannya. "Tetap excited untuk berangkat ke Energen Champion SAC National Championship. Walaupun ini tahun terakhir. Tapi tetap bangga sekali," lanjut Juanda. 

Baca Juga: Wakil SMKN 7 Medan Jadi Raja Tolak Peluru Putra

Juanda berharap Energen Champion SAC Indonesia dapat terus menjadi ruang bagi pemula olahraga atletik untuk terus berprestasi. Seperti dirinya. Ia berharap Energen Champion SAC Indonesia terus aktif dalam menyelenggarakan roadshow dan kompetisi. "Kalau bisa ada penambahan nomor lomba dan tempat penyelenggaraan" tandas Juanda. 

Juanda Kristian tampil gemilang dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Ia sukses menghasilkan tolakan sejauh 11,78 meter. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah menuntaskan penyelenggaraan qualifiers perdana. Di Sumatera Qualifiers, kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar yang berasal dari 350 sekolah. Energen Champion SAC Indonesia Sumatera Qualifiers diselenggarakan pada 1-3 September 2023.  

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak NationaChampionship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES