Salsyabila Aprilianti saat bersaing di National Championship

Energen Champion SAC Indonesia adalah kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. Pada 2023, SAC Indonesia telah menyelesaikan dua musim penyelenggaraannya. Selama dua musim, sebanyak lebih dari 60 ribu pelajar telah ikut serta, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. Selama penyelenggaraan tersebut, jajaran pelajar terbaik di SAC Indonesia telah mencatat rekor SAC: 

1. Zikril Hakim (SMAN 4 Praya) - Lompat Jauh Putra

Zikril Hakim merupakan pemegang rekor lompat jauh putra dalam SAC Indonesia. Siswa SMAN 4 Praya tersebut berhasil memimpin top Klasemen SAC dengan perolehan lompatan sejauh 6,67m. Catatan lompatan tersebut Zikril cetak di Bali Nusra Qualifiers 2022. Yang digelar di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada 30 September - 1 Oktober. 

Sayangnya, Zikril tidak berhasil kembali mempertahankan podium juaranya di SAC Indonesia 2022 National Championship. Saat itu, Firli Sahputra menyabet emas dengan catatan lompatan 6,64m. Apakah rekor tersebut akan bertahan hingga musim selanjutnya? Layak kita nantikan!

Baca Juga: Zikril Hakim Terbaik di Lompat Jauh Putra Kategori SMA

2. Deiya Kurnia (SPMA H. Moenadi) - Lompat Jauh Putri

Deiya Kurnia merupakan seorang debutan di SAC Indonesia 2023. Siswi SPMA H. Moenadi tersebut meraih juara lompat jauh putri di Central Java Qualifiers 2023 dan berhasil melenggang ke National Championship. Catatan terbaik Deiya Kurnia kini adalah 5,02 meter, yang berhasil ia dapatkan di National Championship 2023. 

Catatan terbaik Deiya, secara otomtasi menjadi rekor SAC. Ia menggeser catatan terbaik Aufar Fadhilah Dwi Caksono dari SMAN 2 Madiun, yang sebelumnya memimpin rekor SAC dengan lompatan 4,95m. 

Baca Juga: Deiya Kurnia, Tantangan Sebelum Lomba dan Berkat di Lompat Jauh

3. Bayanillah (SMAN 7 Cirebon) - Tolak Peluru Putra

Bayanillah adalah rajanya tolak peluru Putra di SAC Indonesia. Siswa SMAN 7 Cirebon tersebut sukses menjuarai SAC 2022 di nomor tolak peluru dengan perolehan 14,66m. Catatan tersebut membuat nama Bayan memimpin Klasemen tolak peluru SAC Indonesia. 

Bayan merupakan salah satu skuad dari international training camp ke Australia. Saat itu, ia juga diikutsertakan dalam Athletics West Track and Field State Championship. Dan berhasil meraih medali perunggu. 

Baca Juga: Hebat! Bayanillah Sabet Juara Tolak Peluru dan Pecah Rekor lagi

4. Salsyabila Aprilianti (SMAN 3 Tegal) - Tolak Peluru Putri

Salsyabila Aprilianti merupakan juara SAC 2022 di nomor tolak peluru putri. Siswi SMAN 3 Tegal tersebut berhasil memimpin Klasemen tolak peluru putri dengan perolehan 10,54m. Hingga saat ini, belum ada yang berhasil mengalahkan rekor tolak peluru putri milik Salsyabila Aprilianti. Khususnya di penyelenggaraan SAC Indonesia. 

Baca Juga: Salsyabila Aprilianti Juara dan Pecah Rekor di Tolak Peluru Putri

Salsyabila Aprilianti juga merupakan salah satu skuad international training camp ke Perth, Australia. Ia juga menghadiri invitasi atletik yang sama seperti Bayanillah. Dan berhasil meraih medali perak di Australia. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah tuntas. Musim kedua dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut dimulai dengan babak regional qualifiers dan ditutup dengan National Championship, yang tuntas digelar pada Januari 2024 lalu. 

Lihat Juga: Halaman Rekor dan Results SAC Indonesia

SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES