Siapa yang menyangka Deiya Kurnia, siswi SPMA H Moenadi Ungaran keluar sebagai urutan pertama nomor lomba Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship.

Ya, selama babak penyisihan hingga babak final yang digelar di Stadion Sriwedari pada Jumat, 19 Januari 2024 namanya tidak begitu diperhitungkan.

Belum lagi lompatan pertama hingga keempatnya berada di angka yang sama. Dan ada nama Aufar Fadillah, pemegang rekor nasional SAC Indonesia yang langsung mendobrak di lompatan pertama (5,0 meter).

“Wah waktu itu (Jumat,19 Januari 2024) tegang banget sih. Apalagi kan yang dari Jatim (Aufar) langsung whoosh gitu. Sama pelatih aku cuman disuruh relax aja,” ungkapnya. Namun, ia tetap dengan nuansa positif. Meskipun lompatannya sempat stagnan.

Justru itu yang tidak mudah dilakukan bagi para atlet lainnya. Konsistensi itu pula yang membuatnya berhasil memecahkan rekor lompat jauh. “Wah itu waktu babak final ya tetap gelisah. Tapi, aku punya prinsip buat gak boleh meragukan diri sendiri. Sama gerak-gerak dulu,” ujarnya.

Ternyata, lompat jauh bukan olahraga yang ia tekuni sejak awal. Pindah ke nomor lomba lompat jauh bagi Deiya Kurnia adalah sebuah kecelakaan. Iya, kecelakaan beneran. “Aku sebelumnya itu kalau lomba di middle distance. Gara-gara waktu pulang latihan kecelakaan diserempet mobil. Di situ aku pindah nomor lomba,” terangnya.

Yup, kala itu cewek berzodiak Gemini tersebut baru saja menyelesaikan latihan sore. Ia pulang bersama ayahnya. “Itu pulang latihan sama bapak. Tiba-tiba diserempet mobil gitu. Jatuh, lecet-lecet semua. Untungnya gak sampai ada yang patah atau retak sih. Waktu itu kelas 8 SMP” imbuhnya.

Siapa yang menyangka, dari kejadian itu perlahan namun pasti medali-medali berhasil ia koleksi. Siapa yang menyangka jika kala itu musibah tidak mendatanginya. Barangkali bukan Deiya yang sekarang. Bukan Deiya yang kami lihat. Tegar dan sangat murah senyum dengan teman-teman barunya.

Kepada kami, Deiya menitipkan pesan pengingat ke dirinya sendiri. Untuk tetap giat berlatih. “Buat diriku yang sekarang gak boleh cepat puas. Harus terus berlatih. Harus bisa semakin giat biar dapat hasil yang lebih baik lagi,” cetusnya.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES