Vira Chazinatuss'ab saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

SMAN 7 Kota Cirebon menjadi satu-satunya sekolah yang back-to-back champion di Energen Champion SAC Indonesia. Bahkan menjadi satu-satunya sekolah yang memegang dua rekor SAC untuk nomor tolak peluru putra oleh Bayanillah di SAC 2022 dan middle distance 1.000m putri oleh Vira Chazinatuss'ab. 

Vira Chazinatuss'ab, sebagai delegasi SMAN 7 Cirebon, menduduki klasemen teratas middle distance 1.000m putri SAC Indonesia 2023. Dalam babak final National Championship, yang digelar di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pada 18-20 Januari 2024, Vira finis tercepat dengan catatan waktu 3 menit 20,78 detik. 

Catatan waktu tersebut sekaligus mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Inna Nurul Ma'rifatin dari MAN 5 Bojonegoro dengan perolehan 3 menit 21,07 detik. Yang dicatatkan Inna dalam penyelenggaraan East Java Qualifiers. Menanggapi fenomena ini, Vira mengaku senang, pasalnya, Vira bisa mempertahankan prestasi besarnya selama berlaga di dua musim SAC. 

Baca Juga: SMAN 7 Cirebon Menjadi Satu-Satunya Sekolah yang Pegang Dua Rekor SAC

"Tentunya seneng banget pastinya bisa mecahin PB sendiri lagi di National Championship kemarin. Ini semua berkat pelatih yang juga selalu mendampingi ketika latihan," kata Vira. 

Dengan begini, Vira bergabung dalam 16 skuad Champion SAC yang akan melakoni international training camp di Tiongkok. Yang rencananya akan berlangsung pada April mendatang. Kegiatan tersebut akan mengajak para juara SAC Indonesia untuk belajar, berlatih dan berkunung ke sports science ternama dunia. 

Pada penyelenggaraan musim 2022, Bayanillah, mewakili SMAN 7 Kota Cirebon, juga menghuni podium pertama untuk National Championship. Bahkan pecah rekor dengan perolehan tolakan 14,66 meter. 

Tofik, M.Pd  selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMAN 7 Kota Cirebon mengungkapkan rasa bangganya. Pasalnya, kedua anak didiknya tersebut berhasil bersaing dengan lebih dari 30 ribu pelajar dan 2.000 sekolah. 

Baca Juga: Vira Chazinatuss'ab Pecah Rekor Dua Kali Selama SAC Indonesia 2023

"Saya tentunya bangga dengan para siswa SMAN 7 Kota Cirebon yang telah berusaha keras  selama ini dalam mempersiapkan kompetisi yang cukup bergensi ini. Untuk hasil yang diperoleh itu sebagai bonus atas kerja keras mereka. Semoga ke depannya Vira bisa mewakili sekolah ke level nasional bahkan sampai tahap internasional lainnya," ungkap Tofik. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Bayanillah. Juara tolak peluru Putra Energen Champion SAC Indonesia 2022 National Championship. Dirinya juga mengaku bangga atas prestasi yang diperoleh Vira. Menurutnya, Vira memang telah dipersiapkan oleh sang pelatih, Lingga Sevtiadzi, untuk menghadapi SAC Indonesia. 

"Saya senang karena dari SMAN 7 Cirebon ada yang lolos satu kali lagi. Semoga tahun berikutnya ada yang juara lagi dari sekolah," kata Bayanillah. 

Menanggapi keberhasilan yang diperoleh oleh Vira, Kepala SMA Negeri 7 Kota Cirebon Drs. H. Iman Setiawan, M. Ag, menyatakan rasa syukur atas prestasi yang telah ditorehkan oleh salah satu siswa terbaiknya. Dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran pembimbing dan pelatih. Hal tersebut Iman sampaikan saat upacara bendera, Senin, 22 Januari 2024.

Baca Juga: Bayanillah Raih Podium di Athletics West Track and Field State Championship

"Selamat dan sukses untuk Vira, terus berkarya dan tunjukkan kemampuan serta kecintaan generasi muda olah raga Atletik, sebagai langka menyiapkan siswa-siswa terbaiknya, SMAN 7 Kota Cirebon, selalu mendukung dan memfasilitasi semua bakat dan kemampuan yang dimiliki siswa agar selalu berkembang termasuk cabang atletik yang sudah nyata memberikan nama baik dan bangga sekolah," jelas Iman. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship tuntas digelar. Itu merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan international training camp ke Tiongkok.  

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES