Sosok Aufar Fadilah saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Aufar Fadilah Dwi Caksono tampil mengagumkan dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Siswi SMAN 2 Madiun tersebut meraih podium kedua dalam perlombaan final yang digelar di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Aufar sukses mencatatkan lompatan sejauh 5,00 meter. Dan ini menjadi lompatan 5 meter pertama di sepanjang season SAC Indonesia. 

Aufar berhasil meraih jarak sejauh 5 meter di lompatan pertama di babak penyisihan. Lompatan ini lebih jauh dari rekor yang dibuatnya di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Dalam penyelenggaraan Desember lalu, Aufar berhasil meraih rekor dengan perolehan jarak 4,95 meter. Mematahkan catatan lompatan milik Winney Maharati Ruung (SMAN 1 Tanjung) dengan 4,83 merer.

"Sebenarnya belum sesuai dengan target. Tapi saya bersyukur banget bisa dapat lompatan 5 meter dengan keadaan kaki yang sedang cidera," kata Aufar. 

Aufar mengatakan bahwa persiapannya untuk National Championship tidak terlalu mendalam. Dirinya hanya latihan beberapa hari saja. "Sebelumnya, saya sampai nggak bisa jalan. Apalagi setiap sore selalu hujan. Jadi beberapa kali latihan selalu tertunda," terang Aufar. 

Energen Champion SAC Indonesia telah menuntaskan musim kedua di tahun 2023. Babak National Championship dalam komeptisi tersebut digelar pada 18-20 Januari 2024. Aufar merupakan salah satu peserta yang telah mengikuti National Championship selama dua musim berturut-turut. 

"Sama-sama kompetitifnya. Apalagi aku ngerasain beda nomor kan. Tahun lalu 100m putri, sekarang lompat jauh putri. Cuma menurutku yang tahun ini lebih nyesek karena aku belum bisa mencapai target. Buat serunya, seru semua, kalau dulu kan serunya di stadionnya soalnya hotelnya dipisah, kalau sekarang di hotelnya barengan jadi rame," papar Aufar. 

Baca Juga: 7 Fakta Menarik National Championship 2023

Meskipun berhasil menjadi peserta dengan lompatan 5 meter pertama, lompatan Deiya Kurnia dari SPMA H. Moenadi berhasil menjuarai nomor tersebut dengan catatan lompatan 5,02 meter. Yang diperolehnya di babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship tuntas digelar. Itu merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan international training camp ke Tiongkok.  

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES