Lalu Zohri (kanan) bersama dengan jajaran atlet di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Nama Arfiansyah Adi Yuliarta begitu fenomenal di Energen Champion SAC Indonesia 2023. Siswa SMA Hang Tuah 1 Surabaya itu memegang rekor SAC 100m putra dengan perolehan waktu 10,86 detik dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Yang mengantarkannya bersaing di National Championship 2023. 

Lalu Zohri ikut berkomentar terkait pencapaian Arfi ketika menjuarai East Java Qualifiers 2023. Saat hadir dalam opening ceremony National Championship 2023, Zohri menyebut bahwa prestasi Arfi bisa melambung tinggi, jika ia berlatih dengan giat dan dipoles dengan benar. Bahkan, Zohri menyebut bahwa Arfi bisa go international. 

"Mungkin ke depannnya bisa lebih baik dari saya. Karena saya dulu awal lari itu  catatan waktunya 11.00 detik, pas saya belum latihan ya. Karena dari bola langsung ke lari jadinya segitu. Nah, si Arfi ini masih muda sudah bisa 10,86 detik. Yang jelas keren sih," kata Zohri. 

Melihat fenomena Arfi, Zohri yakin bahwa dengan adanya kompetisi SAC Indonesia, bibit-bibit masa depan akan terlihat. Tak lupa, ia juga mengapresiasi DBL Indonesia dan PB PASI karena telah mendukung penuh anak-anak daerah untuk menemukan bakat. "Saya senang banget tentunya. Bisa diundang ke sini," kata Zohri. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Suryo Agung Wibowo. Menurutnya, prestasi Arfi masih bisa dikembangkan lagi. Khususnya jika dia rajin berlatih dan banyak mengikuti kompetisi. "Ketika bisa pecah 10 detik itu saya langsung dikabari oleh tim SAC. Dan luar biasa memang ya," tuturnya, ketika memberi coaching clinic kepada kontingen East Java Qualifiers. 

Lalu Zohri merupakan salah satu sprinter andalan Indonesia di kancah dunia. Ia peraih juara IAAF World 20 Championships tahun 2018 untuk nomor sprint 100m putra. Sementara Suryo Agung Wibowo adalah pemegang rekor 100m putra di SEA Games 2009 dengan catatan waktu 10,17 detik. 

Baca Juga: Kemenpora: Semangat SAC Indonesia Sejalan dengan Tujuan DBON 2021-2045

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES