Keseruan perlombaan 1.000m Energen Champion SAC Indonesia 2022 National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship siap digelar di Solo, Jawa Tengah. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan mencari siapa yang layak menyandang gelar sebagai Champion SAC. Para juara lama dan baru akan beradu teknik dan bakat mereka untuk dapat meraih podium pertama. 

Jika kamu penasaran dengan beragam keseruan masing-masing nomor lomba, berikut SAC Indonesia rangkum untukmu: 

1. Lompat Jauh 

Pada penyelenggaraan lompat jauh putra National Championship 2022, terdapat dua babak yang diperlombakan, yakni penyisihan dan final. Di sini, masing-masing juara regional qualifiers memamerkan kemampuan mereka. Hasilnya, Firli Sahputra dari SMKN 2 Medan dan Winney Maharati Ruung dari SMAN 1 Tanjung meraih juara lompat jauh putra dan putri National Championship 2022. 

2. Tolak Peluru

Sama seperti lompat jauh, tolak peluru putra dan putri juga dibagi dalam dua babak, yakni penyisihan dan final. Persaingan di nomor tolak peluru begitu menegangkan karena margin lemparan tak dapat diprediksi sejak penyisihan. Namun, Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon menjuarai sektor putra sementara Salsyabila Aprilianti dari SMAN 3 Tegal menjuarai sektor putri. 

3. 1.000m

Nomor lari 1.000m adalah salah satu nomor terseru yang diperlombakan di National Championship 2022. Bahkan juara regional qualifiers mengaku banyak memecahkan PB mereka di nomor ini. Meskipun begitu, masih ada yang terbaik di antara para peserta 1.000m. Adalah Yad Hapizudin dari MA Al Ijtihad Danger dari sektor putra dan Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan di sektor putri. 

4. Relays 4x100m 

Nomor estafet di dominasi oleh East Java Qualifiers dalam National Championship 2022. Baik di sektor putra dan putri, saling bersaing dengan sekolah daerah sendiri. Apakah musim ini Jawa Timur kembali mendominasi relays 4x100m? Layak kita nantikan. 

5. 100m 

Nomor bergengsi dalam olahraga atletik juga diperlombakan dalam Energen Champion SAC Indonesia. Dalam sprint 100m ini, terdapat margin yang cukup ketat di babak penyisihan dan final. Namun, Yogi dari SMAN 1 Surade dan Dihanis Arsita dari SMAN 4 Malang sukses meraih podium pertama nomor tersebut. 

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES