Penyelenggaraan nomor 1.000m putri di Energen Champion SAC National Championship pada Januari 2024 mendatang

Babak puncak dari Energen Champion SAC Indonesia 2023, National Championship, akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Tempat bertarungnya juara regional qualifiers itu bakal digelar selama tiga hari, mulai 18-20 Januari 2024 di Stadion Sriwedari. Nantinya, sebanyak 288 juara dari enam regional qualifiers bertolak ke Solo untuk memperebutkan titel Champion SAC. 

Total 288 juara dari enam regional qualifiers merupakan pelajar yang berhasil menghuni podium pertama, kedua dan ketiga jenjang SMA. Tepatnya Winner, Runner Up, dan 3rd Place dari masing-masing nomor lomba. Mulai dari long jump, shot put, relays 4x100m, middle distance 1.000m, dan sprint 100m.

Jumlah 288 juara itu terdiri dari masing-masing 48 juara dari Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers. 

Babak puncak National Championship juga akan diramaikan dengan berbagi event menarik. Sebagai salah satu rangkaian National Championship, SAC Indonesia juga mengadakan SAC Junior Challenge, yakni perlombaan atletik khusus jenjang SD dan SMP bagi pelajar di se-Surakarta. 

Masyarakat umum dan supporter sekolah diperbolehkan untuk hadir dalam National Championship. Nantinya, juga ada berbagai supporting event seru yang bisa diikuti. 

Baca Juga: Enam Regional Qualifiers Energen Champion SAC Indonesia 2023 Tuntas Digelar

Energen Champion SAC Indonesia 2023 dimulai dengan Sumatera Qualifiers, yang digelar 1-3 September, dan ditutup dengan East Java Qualifiers yang diselenggarakan pada 8-10 Desember 2023. Tahun ini, Energen Champion SAC Indonesia kembali diikuti oleh puluhan ribu peserta dan ratusan sekolah. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES