Henry Tambunan (kiri) bersama dengan Rizki Hidayat, hadir di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Hendri Tambunan dari SMAN 4 Kisaran dan Rizki Hidayat dari SMAN 2 Kisaran hadir di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah, pada 18-20 Januari 2024. Mereka masing-masing mendampingi Rifqi Amsyah Alkhofidh dan Muhammad Alif Ramadhan. Bagi Henry dan Rizki, ini juga kali pertama berkunjung ke Solo.

"Kami berdua baru sampai hari ini (19 Januari) pas sewaktu National Championship yang SMA-nya dimainkan. Kami berangkat dari Medan ke Jakarta dulu, kemudian naik kereta turun di Yogyakarta," ungkap Hendri. 

Keinginan kuat keduanya hadir di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers karena ini menjadi tahun kedua bagi sekolah mereka berhasil menembus babak puncak. "Tahun lalu, Alif juga lolos dari SMAN 2 Kisaran, kalau dari SMAN 4 Kisaran ada Elfhira. Jadi karena ini kali kedua sekolah sukses di babak National Championship, maka dari itu hadir," terang Rizki. 

Kehadiran dua pelatih ini tentunya memberikan support khusus bagi Energen Champion SAC Indonesia 2023. Terkadang, mereka beberapa kali juga memberikan saran bagi student athlete yang dibawanya. Khususnya dalam hal teknik dan dukungan moral. 

"Sedikit-sedikit melihat, yang penting bisa sampai ke Solo, bisa melihat anak-anak. Kami berdua backpacker-an ini," tutur Hendri. 

Baca Juga: Kemenpora: Semangat SAC Indonesia Sejalan dengan Tujuan DBON 2021-2045

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES