Sosok Haniyyah Zahirah Puteri Kusumah saat menerima UPP dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

SMA Al Ittihad Cianjur memiliki wakil yang begitu diperhitungkan. Ia adalah Haniyyah Zahirah Puteri Kusumah. Ira -begitu ia kerap disapa- meraih podium ketiga Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers untuk nomor tolak peluru putri. Karena pencapaiannya tersebut, Ira mendapatkan satu tiket menuju National Championship. 

Hebatnya lagi, Ira baru satu tahun mendalami atletik. Ia ditemukan oleh guru PJOK sekolah, Jaya Nursetya. Untuk persiapan POSPEDA katanya. Kompetisi olahraga dan seni yang khusus diperuntukkan siswa pondok pesantren. "Dari kompetisi POSPEDA itu kemudian aku dipercaya PASI serta KONI buat beberapa perlombaan seperti POPDA sampai Jabar Open," kata Ira. 

Sehingga ini menjadi kali pertama bagi Ira bersiang di Energen Champion SAC Indonesia. Ia bahkan tak menyangka bisa masuk ke National Championship. 

"Aku sangat bersyukur sekaligus bangga bisa lanjut ke National Championship. Di mana aku di posisi tiga. Salah satu teman aku juga dulu masuk nasional juara 2 di no sprint dia bilang juara 1 dan 2 aja yang ikut ke nasional. Jadi aku kaget banget jadi bisa ke Solo," tuturnya. 

Baca Juga: Mengenal Juara National Championship 2022 (Part 1)

Ira memiliki tantangan besar untuk mempersiapkan diri di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Khususnya dalam membagi waktu untuk berlatih. Karena ada beberapa fokus dalam bidang akademi yang harus ia lakoni. "Aku sebenarnya latihan dua kali di mana satu kali untuk teknik, dan beban," tuturnya. 

Sebagai pemula, Ira banyak berlatih di teknik standing O'Brien. Lalu, ada latihan 50/100 dengan target 8 meter dengan berat 4 kilogram dan program rumahan seperti push up sit up 50 dengan jumlah 5 set. "Meskipun ada tantangan, aku tetap menghadapi National Championship ini dengan sangat serius," katanya. 

Ira melihat bahwa persaingan di SAC Indonesia 2023 begitu ketat. Beberapa juara dan lawannya di West Java Qualifiers adalah lawannya di kompetisi lain. "Memang ada beberapa lawan yang sudah ketemu sebelumnya, tapi itu membuat aku semangat berlatih dan selalu berdoa untuk meningkatkan kemampuan aku," tutur Ira. 

Tak lupa, Ira juga mengapresiasi Energen Champion SAC Indonesia. Ira mengatakan ini merupakan perlombaan paling seru yang pernah ia ikuti. Ia berharap SAC Indonesia setiap tahun diselenggarakan. "Ini untuk menyalurkan bakat tanpa ada hambatan," ungkap Ira. 

Baca Juga: Apa Itu Babak National Championship di SAC Indonesia?

Jadwal Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship telah ditentukan. Babak puncak dari SAC Indonesia 2023 itu akan digelar pada 18-20 Januari 2024. Dan akan berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES