Dzaky Maulana saat berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Dzaky Maulana dari SMAN 1 Blitar berhasil menjadi juara lompat jauh putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Dzaky sukses berada di puncak klasemen dengan catatan jarak 6,33 meter. Yang diperolehnya dari percobaan kedua babak final, di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah pada Jumat, 19 Januari 2024. 

Dzaky Maulana merupakan salah satu kontingen dari East Java Qualifiers. Dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers, Desember lalu, Dzaky berhasil menempati podium pertama dengan jarak lompatan 6,19 meter. 

"Perlombaan hari ini seru banget. Juara 1, 2 dan 3 margin jaraknya tipis-tipis banget. Sebelumnya, nggak nyangka sih bisa juara 1 soalnya yang dari West Java jaraknya keren. Sudah kena mental duluan. Tapi Alhamdulillah bersyukur bisa posisi pertama," tutur Dzaky Maulana. 

Sementara itu di posisi kedua ada Daniel Yuri Allan dari SMK Migas Cepu (Central Java Qualifiers) dengan catatan lompatan sejauh 6,31 meter. Disusul dengan Ahmad Arbi dari SMKN 1 Rejotangan (East Java Qualifiers) yang berhasil mencetak jarak lompatan sejauh 6,30 meter. Catatan jarak ini naik level dibandingkan perolehan mereka di masing-masing qualifiers. 

Hasil Lompat Jauh Putra: 

1. Dzaky Maulana (SMAN 1 Blitar) - 6,33 Meter

2. Daniel Yuri Allan (SMK Migas Cepu) - 6,31 Meter

3. Ahmad Arbi (SMKN 1 Rejotangan) - 6,30 Meter

Dengan begini, Dzaky Maulana, Daniel Yuri Allan dan Ahmad Arbi resmi menyandang status sebagai Champion SAC. Yang akan melakoni victory ceremony di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pada 20 Januari 2024. 

Baca Juga: 1.745 Pelajar Ikuti Kompetisi Atletik Pertamina Junior Challenge di Solo

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES