Risqina Akbar saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Tolak peluru menjadi salah satu nomor perlombaan paling dinantikan di Energen Champion SAC Indonesia 2023. Pasalnya, perlombaan ini ramah bagi pemula yang baru menggeluti dunia atletik. Sehingga, tolak peluru sering menjadi bagian dari peserta baru dari SAC Indonesia untuk mengikuti olahraga atletik. Penasaran bagaimana top 5 catatan tolak peluru terbaik:

1. Bayanillah (SAC 2022)

Bayanillah (alumni SMAN 7 Cirebon) merupakan juara National Championship 2022. Ia juga memegang rekor SAC di nomor tolak peluru putra dengan perolehan 14,66 meter. Sebelumnya, Bayan juga menjadi juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers. Hingga saat ini, pencapaian milik Bayanillah belum bisa ada yang mematahkan. 

2. Rifqi Adi Saputra (SAC 2022) 

Rifqi Adi Saputra dari MA Al'Ianah Playen berada di posisi kedua dalam top 5 klasemen ini. Menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2022 Yogyakarta Qualifiers, Rifqi mencatatkan perolehan 13,26 meter di kompetisi tersebut. Dengan pencapaian tersebut, Rfiqi melaju ke babak National Championship. 

3. Iga Septianto Nugroho (SAC 2022)

Iga Septianto Nugroho merupakan pemegang gelar runner up dari National Championship 2022. Siswa SMAN 2 Krakatau Steel Cilegon tersebut berhasil mencatatkan jarak lemparan 13,24 meter. Terbaik ketiga dalam daftar klasemen ini. Iga juga menjadi juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers. 

4. Ahmad Zufar Al Faruq (SAC 2022) 

MAN 2 Gresik memiliki delegasi yang patut diperhitungkan. Adalah Ahmad Zufar Al Faruq, yang berhasil mencatatkan perolehan jarak lemparan sejauh 13,14 meter. Dalama deretan klasemen ini, Zufar berada di posisi keempat. 

5. Risqina Akbar (SAC 2023)

Risqina Akbar adalah juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Siswa SMK Ibnu Khaldun tersebut berhasil mencatatkan perolehan 13,1 meter. Risqina berhasil melenggang ke babak National Championship. 

Baca Juga: Top 5 Catatan Jarak Lompat Jauh Putri 2022-2023

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES