UPP Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Kontingen Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers bertolak ke Solo, Rabu, 17 Januari 2024. Sebanyak 44 dari 48 total juara, wilayah Sumatra Utara dan sekitarnya, akan bertolak dari Bandara Kualanamu, Medan menuju ke Soekarno Hatta, Tangerang kemudian melanjutkan ke Solo dengan jalur darat. Mereka akan berangkat pukul 18.45. 

Salah satu perwakilan Sumatera Qualifiers dari SMAN 2 Medan, Shakila Khairunnisa, mengaku begitu bersemangat menuju penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Ini menjadi momen pertama kalinya bagi Shakila bepergian jauh tanpa didampingi orang tua. Seperti ketika kontingen nasional berkompetisi di luar negeri. 

"Wih pasti dong nervous sedikit. Karena ini juga pertama kalinya. Semoga dapat memberikan hasil yang terbaik bagi banyak pihak. Ini juga menjadi debut pertama di National Championship setelah juara 100m putri di Sumatera Qualifiers," ungkap Shakila. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh M. Deka Pratama dari SMK Jambi. Juara 100m putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Deka juga tidak sabar untuk bersaing di National Championship. Dirinya begitu senang. "Sebelum berangkat ini ada teman-teman dari Sergai dan Aekkanopan yang tidur di rumah. Jadi ya pasti senang banget," tutur Deka. 

Baca Juga: Jadwal Day I Pertamina Junior Challenge

Floren Kristin BR Sinulingga, juara tolak peluru putri di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers dari SMKN 2 Medan, juga tak bisa menahan rasa bahagianya. Apalagi, ini merupakan kedua kalinya Floren bersaing di National Championship. "Ada nervous sih sedikit. Tapi pasti akan diatasi," kata Floren. 

Sementara itu, 4 juara lainnya, skuad relays SMAN 1 Bandar Lampung, bertolak dari Bandar Lampung menuju ke Jakarta. Mereka berangkat pada pukul 15.40 WIB. Nantinya, skuad SMAN 1 Bandar Lampung juga akan langsung bergabung ke Solo. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES