Aksi Ahmad Mumtaz Akbarul Hakim (paling kiri) saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Ahmad Mumtaz Akbarul Hakim dari SMAN 2 Bekasi siap revans dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Babak puncak dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Tepatnya pada 18-20 Januari 2024 mendatang. 

Ini merupakan kali kedua bagi Mumtaz -begitu ia kerap disapa- bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia. Sebelumnya. juara West Java Qualifiers 2023 itu juga mengikuti 100m putra di SAC Indonesia 2022. Sayangnya, Mumtaz belum beruntung untuk meraih podium. "Tahun lalu masih belum rezekinya, belum beruntung," kata Mumtaz. 

Pada musim 2023, Mumtaz meraih juara ketiga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Ia sukses mencatatkan waktu 11,88 detik. "Yang pertama kali saya ucapkan  alhamdulillah dan banyak-banyak bersyukur. Tentunya sangat senang bisa berangkat National Championship," terang Mumtaz. 

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship, Mumtaz menaikkan intensitas latihan. Apalagi dirinya memiliki mimpi besar di babak puncak tersebut. "Harus rebut juara pertama di National Championship. Tapi rezeki dan keberuntungan belum bisa dipastikan, yang tahu hanya Allah. Jadi banyak-banyak berdoa aja," terang Mumtaz. 

Nantinya, Mumtaz akan bertemu dengan 288 juara regional qualifiers lainnya. Kurang dari dua minggu menuju National Championship. Ia begitu bersemangat. "Belum tahu lawannya seperti apa karena belum pernah lomba satu lintasan. Kata coach jangan pernah merasa kalah sebelum ketemu sama lawan," lanjut Mumtaz. 

Baca Juga: SAC Indonesia National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES