Suasana roadshow Pertamina Junior Challenge di SDN Marsudirini, Surakarta, pada Selasa, 16 Januari 2024 mendatang

SDN Marsudirini begitu mengapresiasi penyelenggaraan roadshow Pertamina Junior Challenge. Hal tersebut disampaikan Astit Renggani Sitoresmi selaku koordinator kegiatan siswa di sekolah tersebut, usari roadshow Pertamina Junior Challenge diselenggarakan, Selasa, 16 Januari 2024. Menurutnya, roadshow dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Solo Raya ini dapat mengembangkan atletik. 

Roadshow Pertamina Junior Challenge terdiri dari berbagai permainan. Mulai dari Mini Kanga's hingga Fun Relay. Keduanya adalah permainan berbasis atletik yang dimodifikasi khusus untuk pelajar. Sebanyak 700 anak turut terlibat dan menyaksikan ajang ini. Antusiasme yang terpancar dari semua pelajar begitu luar biasa. 

"Roadshow-nya sangat bagus. Karena ini bisa menjadi salah satu pengalaman juga untuk anak-anak. Karena kalau atletik, di sekolah belum pendalaman. Apalagi cabang atletik ini kan mencari bibitnya agak sulit. Jadi dengan adanya roadshow seperti ini dapat memfasilitasi anal-anak yang memiliki bakat," kata Astit, kepada tim SAC Indonesia. 

Selain untuk mendorong bakat anak-anak, roadshow Pertamina Junior Challenge juga memotivasi guru-guru olahraga untuk mencari bibit atletik. Apalagi, DBL Indonesia menggandeng Pertamina hingga beberapa sponsor. Mulai dari Pertamina hingga Energen Champion. "Karena sponsornya bagus-bagus, saya berpikir ini digarap sangat serius," kata Astit. 

Baca Juga: Segera Daftar! Pertamina Junior Challenge Digelar Minggu Depan

Hal serupa juga diungkapkan oleh Rafael Putra Darmawan, guru PJOK dari SDN Marsudini. Menurutnya, dengan ada roadshow dan kompetisi seperti Pertamina Junior Challenge, bakat atletik Kota Surakarta akan sendirinya berkembang.

"Harapan saya dan guru olahraga yang lain semoga atletik di Surakarta kembali hidup. Karena untuk saat ini, saya melihat atletik di Surakarta masih mati suri. Nggak seperti dulu. Dan dengan adanya event-event begini, anak-anak menjadi mengenal atletik. Mereka juga bisa merasakan langsung cara bermainnya bagaimana," terang Rafael. 

Nantinya, SDN Marsudirini akan mengirimkan lebih dari 20 pelajar untuk bersaing di Pertamina Junior Challenge. Yang diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Mereka akan mengikuti beberapa perlombaan. Mulai dari Kanga's Escape, Formula One hingga sprint. 

Baca Juga: SDN Cemara Dua Surakarta Antusias Ikuti Roadshow Pertamina Junior Challenge

Pertamina Junior Challenge dipersembahkan oleh Pertamina, Energen Champion, PB PASI dan DBL Indonesia. Kompetisi atletik tingkat SD dan SMP se-Solo Raya itu menjadi salah satu supporting event dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship.

Pertamina Junior Challenge diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Mulai dari 18-20 Januari 2024 mendatang. Kompetisi ini melombakan Kids’ Athletics, sprint 60m, sprint 80m, relays 5x80m, relays 8x50m hingga middle distance 800m. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES