Suasana roadshow SAC Junior Challenge SMP PL Bintang Laut Surakarta

Roadshow seru untuk pertama kalinya menyambangi SMP Pangudi Luhur (PL) Bintang Laut Surakarta, Kamis, 11 Januari 2023. Roadshow tersebut menjadi pra event sebelum kompetisi atletik pelajar terbesar, Pertamina Junior Challenge, digelar di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari 2024 mendatang. Bersamaan dengan Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. 

Tujuan digelarnya roadshow kali ini adalah booster partisipasi dan pengenalan olahraga atletik kepada pelajar. Hal tersebut didukung oleh Agustinus Mulyanto, sekaligus Wakasek Sarana-Prasaran dan guru olahraga SMP PL Bintang Laut. Menurutnya, roadshow dan penyelenggaraan roadshow SAC Indonesia dapat mendorong pelajar untuk lebih mencintai atletik. 

"Bagus sekali. Karena kegiatan atletik di Bintang Laut tidak begitu dikenal. Lebih tenar basket, futsal dan lainnya. Jadi ini merupakan salah satu tahap pembinaan yang sangat bagus. Apalagi ini menjadi salah satu contoh bahwa pembelajaran tidak hanya berfokus pada konvensional (di dalam ruangan) saja," ungkap Agustinus Mulyanto. 

Menurutnya, roadshow Pertamina Junior Challenge juga dapat mengembangkan bakat dan minat pelajar yang terpendam. Terlebih, SAC Junior Challenge menyediakan beragam nomor perlombaan kompetisi. 

Baca Juga: 6 Perlombaan yang Bisa Kamu Ikuti di SAC Junior Challenge

"Pengembangan minat bakat salah satunya yang populer itu di olahraga. Ada roadshow yang terkait olahraga, terlebih dari DBL Indonesia nih. Saya sudah tanya berkali kali di DBL, gimana kelanjutan yang SMP untuk basket. Penasaran juga, hehehe," kelakar Agustinus Mulyanto. 

Agustinus Mulyanto berharap roadshow dan acara utama Pertamina Junior Challenge bisa menjadi daya tarik yang besar bagi pelajar. Khususnya yang berada di Solo dan sekitarnya. Apalagi, SAC dikenal sebagai kejuaraan yang memang diperuntukkan bagi pemula. 

"Harapannya bisa menjadi daya tarik yang luar biasa bagi anak-anak. Terutama anak-anak yang belum pernah. Saya berharapnya SAC nanti ada pengenalan terkait aturan-aturan di atletik tersebut. Gimana caranya start dan teknik-teknik yang lain," terang Agustinus Mulyanto. 

Baca Juga: Roadshow SAC Junior Challenge di SDN Sondakan Berlangsung Meriah!

Pertamina Junior Challenge dipersembahkan oleh Pertamina, Energen Champion, PB PASI dan DBL Indonesia. Kompetisi atletik tingkat SD dan SMP se-Solo Raya itu menjadi salah satu supporting event dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship.

Pertamina Junior Challenge diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Mulai dari 18-20 Januari 2024 mendatang. Kompetisi ini melombakan Kids’ Athletics, sprint 60m, sprint 80m, relays 5x80m, relays 8x50m hingga middle distance 800m. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES