Keraton Kasunanan Surakarta

Solo adalah gudangnya destinasi wisata indah Indonesia. Mulai dari tempat wisata berbasis alam, sejarah hingga budaya semua ada. Lengkap. 

Kali ini, SAC Indonesia akan memberikan rekomendasi untuk kamu yang mungkin memiliki pilihan untuk berlibur ke Solo. Mengingat Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship juga akan diselenggarakan di Solo, daftar rekomendasi ini bisa menjadi bahan rujukanmu jika kamu berniat untuk jalan-jalan setelah berlomba. 

1. The Lawu Park

The Lawu Park merupakan salah satu destinasi berbasis alam di Solo yang wajib kamu kunjungi. Dari pusat kota, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 60 menit saja. Terletak di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, lokasi ini menjadi bagian wisata alam di Kawasan Lereng Gunung Lawu. 

Harga tiket The Lawu Park dibanderol Rp 20.000 untuk hari kerja mulai dari Senin-Kamis. Sementara, tiket The Lawu Park dibanderol RP 25.000 untuk hari Sabtu dan Minggu. Lokasi wisata ini buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB. 

The Lawu Park juga menyediakan paket outbond bagi anak-anak hingga dewasa. Paket outbond ini terdiri dari flying fox, skywalk, hiking forest dan masih banyak lagi. 

2. Candi Ceto, Karanganyar

Candi Ceto merupakan wisata budaya yang terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dari Solo, kamu cukup berkendara ke wilayah Karanganyar dengan memakan waktu sekitar 60 menit. Lokasi untuk berwisata sejarah dan budaya ini buka dari jam 08.00-17.00 WIB. 

Untuk dapat mengakses keindahan di Candi Ceto, wisata cukup membayar tiket masuk Rp 10.000 dan. Tiket masuk ini berupa E-Ticketing. Di sini, wisatawan dapat mengakses fasilitas yang tersedia seperti toilet, mushola, toko oleh-oleh dan cindera mata, serta area parkir. 

3. Keraton Surakarta Hadiningrat 

Solo menjadi saksi kejayaan beberapa kerajaan yang memerintah Jawa Tengah beberapa abad lalu. Bekas peninggalan kerajaan ini tentunya beberapa ada yang menjadi ikon Kota Solo. Kerajaan ini bernama Keraton Kasunanan, yang didirikan oleh Susuhan Pakubuwono II pada abad ke-17 silam. 

Memiliki luas 5.400 meter persegi, Keraton Surakarta Hadiningrat memiliki koleksi patung, senjata dan pusaka kerajaan hingga Menara Sanggabuwana, yang konon menjadi tempat pertemuan Ratu Laut Selatan dengan sang Raja. 

Area di Keraton Kasunanan yang boleh dikunjungi publik salah satunya adalah pendopo besar di dalam Sasana Sewaka, dimana pertunjukan tari dan gamelan disuguhkan di tempat itu. Keraton Kasunanan Surakarta juga menawarkan wisata warisan budaya seperti upacara adat, tarian sakral dan musik di antara yang terkenal adalah sekaten dan malam Suro. 

Untuk melihat keindahan Keraton Surakarta Hadiningrat, pengunjung wajib membeli tiket seharga Rp 10,000. Tempat bersejarah ini buka mulai pukul 14.00 WIB-15.00 WIB. 

Baca Juga; Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

4. Puro Mangkunegaran

Puro Mangkunegaran merupakan salah satu tempat wisata di Solo, Jawa Tengah. Tempat ini awalnya merupakan bangunan bersejarah yang disulap menjadi lokasi kunjungan wisata. Lokasi ini juga menjadi tempat kediaman Raden Mas Said. Untuk berkunjung ke Puro Mangkunegaran, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000

5. The Heritage Palace

The Heritage Palace termasuk tempat wisata baru di Solo. Lokasi ini mampu menarik perhatian banyak wisatawan karena konsepnya yang unik. Objek wisata ini baru diresmikan tahun 2018 tepatnya. Pada awalnya tempat ini merupakan Pabrik Gula Gembongan yang sudah ada sejak tahun 1892 silam. Agar dapat dimanfaatkan kembali, akhirnya bangunan tua ini disulap menjadi tempat liburan menarik. 

Kawasan Pabrik Gula ini memiliki luas sekitar 2.2 hektar dan terdiri dari 9 bangunan lengkap dengan cerobong asap. Namun hanya 3 bangunan saja yang bisa diakses oleh para pengunjung termasuk halaman outdoor-nya. Tempat ini mengambil tema eropa klasik yang terlihat dari bentuk bangunan dan barang-barang antik yang menghiasi setiap tempat. Karena itulah bangunan bekas pabrik ini disebut sebagai heritage palace yang berarti "istana warisan."

Dalam The Heritage Palace, terdapat museum 3D, ruangan indoor, taman bermain anak-anak dan masih banyak lagi. 

6. Solo Safari

Solo Safari merupakan salah satu taman bermain yang akan menjadi ikon baru Kota Solo. Taman wisata ini baru diresmikan pada 2023 silam. Lokasi ini menggantikan Taman Satwa Taru Jurug Surakarta (TSTJ) yang merupakan pindahan dari Kebun Binatang Sriwedari. Dulunya, tempat ini adalah lokasi hiburan para raja yang berisi dengan koleksi satwa. 

Solo Safari adalah kawasan edukasi yang memiliki luas 13,9 hektar di Surakarta, Jawa Tengah. Di sini, pengunjung dapat melakukan petting zoo, interaksi satwa, edukasi satwa dan masih banyak lagi. 

Solo Safari terletak di Jl. Ir. Sutami No. 109, Jebres, Kec. Jebres. Tempat ini buka pukul 08.30 WIB-16.30 WIB. Untuk tiket di hari kerja, anak-anak akan dikenakan biaya sebesar Rp 45.000, sementara dewasa akan dikenakan biaya Rp 55.000. Sementara itu, untuk hari libur, anak-anak akan dikenakan tiket Rp 60.000, sedangkan tiket dewasa dibanderol dengan 75.000. 

Baca Juga: Sejarah Stadion Sriwedari, Salah Satu Stadion Tertua di Indonesia

7. Solo Summerland Tirtamas Waterpark

Solo Summerland Tirtamas Waterpark merupakan salah satu objek wisata modern di Kota Solo yang baru diresmikan pada 2023 silam. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini merupakan wisata air dengan fasilitas kolam luncur, splash, ban slide dan fasilitas penjunjang lainnya. Di lokasi tersebut juga tersedia foodcourt area yang bisa menjadi pilihan pas ketika telah puas bermain air. 

Untuk dapat merasakan berbagai keseruan dari Solo Summerland Tirtamas Waterpark, anak-anak akan dikenakan biaya Rp 20.000 sementara bagi orang dewasa akan dikenakan biaya Rp 40.000. Dengan harga tiket tersebut, anak-anak telah dapat menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan. 

8. Pracima Tuin

Pracima Tuin merupakan salah satu lokasi wisata yang dapat kamu kunjungi saat berlibur ke Kota Solo. Di tempat ini, kamu dapat merasakan pengalaman makan dengan suasana ala kerajaan Jawa. Khususnya budaya Puro Mangkunegaran Solo. Karena memiliki konsep yang unik, pengunjung yang ingin merasakan pengalaman di Pramia Tuin, wajib untuk mematuhi aturan berpakaian yang telah ditentukan oleh manajemen Pracima. (*)

  RELATED ARTICLES