Aksi Claurita Yosefita Yolanda di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

SMA Kristen Dago Bandung akan debut dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Setelah menjuarai West Java Qualifiers 2023 dalam nomor relays 4x100m putri, SMA Kristen Dago mendapatkan empat tiket ke National Championship. Sekolah tersebut diwakili oleh Claurita Yosefita Yolanda, Batceba Eunike Wally, Oktaviani Putri Iswandi dan Flora Weppe. 

Ini akan menjadi kali pertama bagi SMA Kristen Dago Bandung bersaing di SAC Indonesia. Apalagi sampai menembus babak National Championship. Kerennya lagi, skuad estafet SMA Kristen Dago baru dibentuk saat hendak akan mengikuti SAC Indonesia. 

"Awalnya sempat terpikirkan di nomor individu. Tetapi kita prediksi kalau 100m lumayan banyak saingan, akhirnya kita disatukan dalam satu regu. Awalnya juga ditanya siapa yang mau ikut siapa-siapa saja," terang Claurita. 

Baca Juga: Apa Itu Babak National Championship di SAC Indonesia?

Meskipun baru dibentuk, skuad relays 4x100m putri SMA Kristen Dago Bandung terdiri dari student athlete yang mendalami berbagai cabor olahraga. Mulai dari sepak bola, boxing hingga voli. "Jadi basic-nya bukan atletik, beberapa baru belajar atau ikut lomba lari begini, tapi kita memang suka olahraga," lanjut Claurita. 

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship, SMA Kristen Dago Bandung berlatih secara mandiri dengan pendampingan guru PJOK sekolah, yakni Hendry Ambarita. Dengan peningkatan intensitas latihan, SMA Kristen Dago Bandung berharap tampil dengan maksimal di babak puncak. 

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

Nantinya, skuad SMA Kristen Dago Bandung akan bersaing dengan total 288 juara regional qualifiers yang lain dalam National Championship. Babak puncak kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar pada 18-20 Januari 2024. Dan akan berlangsung di StadioN Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES