Para juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 National Championship, di Stadion Madya, GBK, Jakarta

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship bakal segera digelar. Babak puncak dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu bakal berlangsung pada 18-20 Januari 2024 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Nantinya, sebanyak 288 juara regional qualifiers akan bertarung untuk memperebutkan titel sebagai Champion SAC 2023. Tapi sudahkah kamu kenal dengan jajaran Champion SAC 2022?

Buat kamu yang penasaran dengan siapa saja sosok Champion SAC pada musim sebelumnya, berikut adalah daftarnya:

1. Salsyabila Aprilianti (SMAN 3 Tegal)

Nama Salsyabila Aprilianti begitu kuat di nomor tolak peluru putri Energen Champion SAC Indonesia 2022. Siswi SMAN 3 Tegal tersebut menjuarai babak National Championship, setelah merebut podium pertama di Energen Champion SAC Indonesia 2022 Central Java Qualifiers. Salsya kemudian menjadi rombongan Champion SAC yang berangkat training camp ke Australia. 

Di Australia, Salsya turut mengikuti kejuaraan Athletics West Track and Field State Championship. Ia kemudian meraih podium kedua dengan mengalahkan para atlet junior Australia yang juga bersaing di kompetisi tersebut. 

Terakhir, Salsyabila Aprilianti masih aktif berlaga di kompetisi nasional maupun internasional. Ia juga saat ini sedang berkuliah di salah satu PTN di Semarang. 

2. Bayanillah (SMAN 7 Cirebon) 

Bayanillah adalah salah satu juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 National Championship. Champion SAC di nomor tolak peluru itu juga memegang rekor SAC dengan perolehan 14,66 meter. Sebelumnya, Bayanillah memulai perjalanannya di Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers. Saat itu, ia sudah meraih juara dengan catatan lemparan 13 meter. 

Bersama dengan Salsyabila Aprilianti, Bayanillah juga menjadi salah satu Champion SAC yang mendapatkan reward melakukan training camp ke Australia. Ia juga bersaing di Athletics West Track and Field State Championship.

3. Winney Maharati Ruung (SMAN 1 Tanjung)

Winney Maharati Ruung merupakan juara lompat jauh putri Energen Champion SAC Indonesia 2022 Kalimantan Qualifiers. Saat itu, Winney bahkan memegang rekor SAC dan melaju ke babak National Championship. 

Winney bersaing ketat dengan Aurelia Ramadhani, juara lompat jauh putri dari SMAN 2 Malang di Energen Champion SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers. Namun, Winney berhasil menembus babak final dengan perolehan 4,93 meter. Sebelum rekor tersebut dipecahkan Aufar Fadilah Dwi Caksono dengan 4,95 meter dari SMAN 2 Madiun. 

Winney kemudian mendapatkan reward untuk berangkat training camp ke Australia dan mengikuti Athletics West Track and Field State Championship. 

4. Firli Sahputra (SMKN 2 Medan)

Firli Sahputra merupakan Champion SAC di nomor lompat jauh putra. Firli berhasil menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2022 National Championship. Siswa SMKN 2 Medan itu berhasil mencatatkan jarak lompatan sejauh 6,64 meter. Meskipun begitu, Firli belum berhasil mematahkan rekor milik Zikril Hakim, yang masih bertengger di atas dengan catatan lompatan sejauh 6,67 meter. (*)

 

  RELATED ARTICLES